Daur ulang cihuuuyy!!

Setelah sebelumnya anak-anak belajar mendaur ulang kertas menjadi bubur kertas pada kunjungan ke hutan mangrove Angke Agustus tahun 2009 lalu, maka diadakan lanjutannya yaitu “Daur Ulang cihuyy” yang dilaksanakan di Panti asuhan itu sendiri pada tanggal 30 Mei 2010.

Mengundang Ibu Yanti Susanti sebagai pengisi acara (http://www.garasibaca.blogspot.com) dari Bekasi, yang track record daur ulangnya tak usah diragukan lagi hehe.

Sebelum memulai praktek, Bu Yanti menjelaskan sedikit mengenai mengapa kita harus mendaur ulang dan memperlihatkan barang-barang daur ulang yang ia bawa dari rumah.

Pentingnya mendaur ulang
Pentingnya mendaur ulang

Daur ulang kali ini menggunakan koran bekas dan bubur kertas.
Untuk TK dan SD diberikan pelatihan mengecat bubur kertas yang sudah dicetak oleh Ibu Yanti dari rumah.

Mengecat cetakan bubur kertas
Mengecat cetakan bubur kertas
Mengecat bubur kertas 2
Mengecat bubur kertas 2

Meskipun jumlah anak-anaknya tidak terlalu banyak, tapi berhubung mereka terlalu riweuh,, heboh sana sini jadilah jumlah pendamping yang cuma 3 orang itu lumayan kewalahan hehe. Lama-lama bubur kertas yang sudah berbentuk beruang, kepiting, kura-kura itu habis, tapi mereka masih minta nge-cat lagi dan lagi. Kalaupun mau, harus cetak lagi yang baru dan harus dijemur setidaknya seharian.

Mereka semangat sekali mengecat, setelah selesai di cat bubur kertas itupun dijemur di belakang panti asuhan yang berdekatan dengan rel (saya takut jemurannya diambil sama orang di kereta yang lewat dah hehe).

Selesai dicat dan dijemur
Selesai dicat dan dijemur

Sementara anak SMP dan SMA mendaur ulang koran bekas yang digulung-gulung kemudian dibuat tempat untuk meletakkan pensil, celengan, dan gerobak.

Membentuk celengan
Membentuk celengan
Menyusun tempat pensil
Menyusun tempat pensil

Jadi beginilah hasil karya mereka 🙂

Beruang naik gerobak :)
Beruang naik gerobak 🙂
Gerobak, celengan, tempat pensil, beruang, kepiting, dsb
Gerobak, celengan, tempat pensil, beruang, kepiting, dsb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *