Antara mereka, perpustakaan, dan kegiatan di dalamnya

Apa ya kesan-kesan anak-anak Panti Asuhan itu mengenai perpustakaan dan kegiatan yang selama ini dilaksanakan?

Hari itu (lupa tanggalnya) saya membagi anak-anak menjadi 5 kelompok. Mereka lalu berdiskusi dan menuliskan kesan-kesan mengenai kegiatan selama ini.

Ada beberapa yang terbuka menuliskan kesannya, namun ada juga kelompok yang lamaaa sekali berdiskusi namun tetap saja bingung ketika mau menuangkannya ke dalam tulisan. Hehe.

Apapun itu, berikut tulisan mereka (yang terdiri dari kelas 1 SD sampai SMA) dari tiap kelompok:

“Jalan-jalan yang paling saya senangi ke Kandank Jurank Doank. Di sana saya bisa belajar menanam padi dan bermain outboont dan sepak bola. Di sana juga saya menambah pengetahuan alam. Manfaat yang bisa saya dapat dari outboont adalah saya bisa menanam padi yang benar dan bagus. Kegiatan yang pernah saya lakukan saya merasa senang karena bisa menambah wawasan saya lebih jauh.

Perasaan mengenai adanya perpustakaan yang ada sekarang saya merasa senang karena anak-anak bisa membaca buku. Adanya perpustakaan sekarang saya menjadi suka karena saya bisa membaca buku setiap saat.

Harapan saya mengenai kegiatan ini semoga bisa terus menerus dilakukan biar anak-anak menambah pengetahuan lebih luas lagi. Harapan saya tentang perpustakaan mudah-mudahan bisa bertambah banyak buku-bukunya dan terus dijaga oleh semua anak-anak yayasan.”

Kelompok selanjutnya:

“Senang jadi sering membaca dan setiap ada pelajaran yang susah bisa melihat di kamus. Kadang-kadang kalo lagi bete bosen juga. Perpustakaan agar lebih ditambah buku yang banyak lagi.

Dan kami juga senang ada kegiatan yang sering diadakan oleh kakak-kakak semua. Dan kami harapkan supaya berlanjut agar membuat senang semua anak-anak yayasan.

Kami juga senang kakak-kakak mengajak kami belajar bersama teman-teman yayasan. Cukup sekian dari kami inilah cerita yang bisa kami ucapkan. Terima kasih kakak-kakak atas apa yang diajarkan.”

Kelompok selanjutnya:

“Perasaan kami senang. Alasannya karena dengan adanya semua kegiatan-kegiatan. Saya dan teman-teman saya dapat mengetahui / memahami kegiatan-kegiatan yang kakak berikan kepada kami.

Jenis kegiatan yang kami sukai: outing (outbond, ke Angke), praktek (menggambar, daur ulang) dongeng.

Harapan kami tentang kegiatan: semoga bisa jalan-jalan lagi outing (outbond, ke Angke, dsb). Harapan kami tentang perpustakaan semoga tambah disukai oleh anak-anak. Agar semua anak yang membaca jadi lebih mengetahui.”

Kelompok selanjutnya:

“Waktu pertama kali kami jalan-jalan sama kakak-kakak rasanya seneng banget, apalagi sambil belajar-belajar mengenal hutan bakau Angke, menggambar di baju tadinya gak bisa menggambar jadi bisa menggambar.

Pertama kali kita main outbond rasanya senang banget, tadinya ga berani menjadi berani.

Menurut kami dongeng sangat menyenangkan, bisa menjadi manfaat kami, terus bisa menghibur kami.

Waktu ada periksa gigi tadinya sih takut, kirain mau dicabut ternyata cuman diperiksa doank tapi manfaatnya bisa kami ambil dari penjelasan dokter gigi.

Seneng banget rasanya periksa gigi apalagi sambil di foto-foto, makan bareng sama temen-temen kakak. Tapi sayang dokternya ga ikut makan.

Tentang adanya buku-buku rasanya pengin baca terus. Apalagi cerita Nabi dan Rasul. Kami pengin bukunya tambah lagi tapi cerita yang baru jangan cerita percintaan hehe.

Harapan kami dari kegiatan pengin jalan-jalan lagi outing (outbond), apalagi saya pengin pergi outing karea belum pernah. Semoga aja bisa pergi lagi. amiiin.

Sebelumnya dan sesudahnya kami anak-anak yayasan mengucapkan mohon maaf dari kesalahan jika kita merepotkan kakak semua. Terima kasih atas semuanya.”

Kelompok selanjutnya:

“Bagi kami, semua kegiatan yang kakak-kakak berikan sangat menyenangkan. Tapi ada beberapa kegiatan yang kurang asyik seperti ke Muara Angke yang kedua kalinya (bukan yang pertama ya). Tapi semuanya sangat bermanfaat buat kami, karena kami ingin mengetahuinya lagi hal-hal baru. Seperti waktu mengajak kami berlibur outbond!! Asyik dan menggembirakan. Kami ingin kakak-kakak tahu kami senang dengan kedatangan kakak-kakak semua.

Buku-buku yang diberikan sangat bermanfaat. Dengan adanya buku-buku dan bacaan lainnya saya lebih termotivasi untuk membacanya.

Menggambar , menyablon baju, ke Muara Angke, lomba mendongeng, membaca puisi adalah hal yang mengesankan buat kami. Bagi kami semua kedatangan kakak-kakak adalah suatu penghargaan yang mulia. Terima kasih ya kak, atas bimbingan dan dorongan kakak semua sehingga kami semua lebih termotivasi untuk melakukan hal-hal yang telah diajarkan. Sekian dari kami.

Harapan kami agar semoga kakak-kakak tetap terus membimbing kami semua dan memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.”

Saya rasa; kami (terutama saya) lah yang harus berterima kasih pada anak-anak itu, karena mereka telah banyak mengukir senyum dalam diri ini di tengah sebuah usaha tanpa henti.

🙂

0 thoughts on “Antara mereka, perpustakaan, dan kegiatan di dalamnya

  • July 15, 2011 at 10:25 am
    Permalink

    Yup! Yulia bener banget, Kamilah yang harus berterima kasih kepada Geng Panti Asuhan Istiqomah. Terima kasih atas pelajaran berbagi, mengalah, berkreatifitas dan satu hal yang tak pernah tergantikan adalah segala pengalaman yang telah kita lalui. Jujur, ga pernah merasa direpotkan dgn kegiatan2 di panti bersama Kelapa dan Runi jadi tau rasanya punya adik-adik (yang kadang2 ngeyel tp ngangenin) hahaha. *peluksemuaGengPantiAsuhanIstiqomah*

    Reply
  • April 9, 2012 at 4:18 am
    Permalink

    “Kami ingin kakak-kakak tahu kami senang dengan kedatangan kakak-kakak semua”

    its so touching, Yulia!!!!! Kagum

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *