GTD akhir pekan: menanam sampai half marathon

kata Getting things done atau GTD entah kenapa sering muncul tak sengaja saat saya blogwalking ke blogger atau situs di luar negeri. Nyasarnya ke situ lagi-ke situ lagi. Nyasar ke blog yang ini isinya mengenai GTD, nyasar ke yang satunya tentang GTD lagi.

Sebenarnya apa sih Getting Things Done atau GTD itu?

image
Tomat cherry

GTD yang dipopulerkan Simplify101 ini, merupakan sebuah program untuk menyelesaikan daftar hal-hal yang ingin dilakukan.

Ingat kata kuncinya: INGIN menyelesaikan dan bukannya HARUS menyelesaikan. Kalimat ini jadi merubah pemikiran bahwa melakukan suatu hal tersebut secara menyenangkan dan bukannya terpaksa.

Intinya GTD mirip seperti susun rencana yang sudah saya ceritakan di sini, hanya saja susun rencana saya itu untuk jangka waktu 1 tahun ke depan sementara GTD memecahnya menjadi beberapa hal sederhana yang ingin dicapai di akhir pekan. Jadi lebih real, gitchu :p.

Sehingga ketika memasuki hari Senin (yang biasanya dirutuki banyak orang) kita bisa menjalaninya dengan tenang karena sudah merasa visi misi di akhir pekan alias GTD ini sudah tercapai seluruhnya, dan siap membuat GTD lagi untuk 1 minggu berikutnya.

Nah, berkaitan dengan susun rencana saya, pada minggu ke-2 di bulan Mei kemarin, saya sudah menerapkan bahwa berikut adalah GTD yang harus ingin saya selesaikan. Sejak hari Senin baru datang, saya sudah berniat untuk menyelesaikan ini dalam kurun waktu 1 minggu ke depan atau di akhir pekan:

  1. Membeli bibit tomat dan bunga matahari supaya proyek menanam terus berlanjut
  2. Menanam bibit tersebut di belakang rumah
  3. Datang ke MAPALA UI Half Marathon, 12 Mei 2013
  4. Merevisi tulisan

Itulah GTD yang harus diselesaikan di akhir pekan, berkejaran dengan tugas-tugas lainnya yang juga harus selesai.

Misi pertama tercapai dengan terbelinya bibit tomat cherry dan bunga matahari di A*e Hardware (meski harganya agak nggak sebanding dengan jumlah bibitnya hehe) pada hari Jumat, 10 Mei 2013. Misi untuk menanam bibit tersebut pun tercapai di hari Sabtu esok harinya, meski bingung kenapa pot yang didapat dari si A*e itu nggak ada lubang di bagian bawahnya, akhirnya ganti pake pot punya sendiri juga XD.

Dan dalam waktu beberapa hari, tanaman tersebut pun tumbuh dan bikin tambah semangat buat nanam yang lain.

image
Bunga matahari

Point 1 dan 2 dalam GTD: DONE

Hal ketiga yaitu datang ke MAPALA UI Half Marathon di UI, Depok. Saya nggak ikut lomba dan memang hanya ngiler dengan lomba marathonnya, tapi benar-benar berniat datang untuk (niatnya) sorak sorai saat peserta baru berlari di garis START atau ketika menyentuh garis FINISH.

Yes, the tagline “I don’t do run, i do walk” is really a tag of mine.

Jadi sudah merasa cukup senang bisa menyaksikan para pelari yang sehat dan memang diperbolehkan untuk berlari itu. Nggak ngiri kok, niatnya saya malah datang sambil olahraga juga dan pake sepatu kets yang baru dibeliin Abang hehe. Ditambah lagi ingin mencoba race photography, yaitu latihan jepret-jepret di lomba marathon ini.

Apa daya lomba marathon ternyata diawali dengan gerimis pada pagi hari sekitar pukul 05.30, dan di rumah saya malaaaah hujan deras! Saya baru bisa berangkat sekitar pukul 07.30 ketika hujan di rumah sudah berhenti dan cuaca sudah mulai cerah.

Begitu sampai di area, para pelari sudah banyak yang selesai. Yaaah, dua momen yang saya harapkan (yaitu saat start dan finish) terlewat semua. Mau gimana lagi, saya pun hanya mengunjungi stand-stand yang ada di acara tersebut, salah satunya mampir ke stand komunitas Ciliwung, bertemu dengan Ryan dan Bang Kodir.

Hanya foto ini yang bisa mewakili event MAPALA UI Half marathon dari saya;

imageTapi ada kejutan di sana. Sewaktu sedang berada di depan stand Komunitas Ciliwung, saya secara tiba-tiba menoleh ke belakang,

and look who’s coming to us?

PusPus!

wpid-IMG_20130527_191556.jpg

[Well, i’ll tell u about PusPus one day :D]

Oke. Balik ke poin tadi; GTD ke-3 tak tercapai sepenuhnya. Tapi tak apalah, di luar rencana. Usai ngobrol-ngobrol dengan Bang Kodir dan Ryan, saya melanjutkan misi untuk menyelesaikan poin ke-4 yaitu merevisi tulisan.

Huaah… Terima kasih untuk siapa-ya-saya-lupa yang sudah merekomendasikan pojokan perpustakaan ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk menulis. Pepohonan dan kehijauan di luar kaca sangat mendukung, hanya satu yang kurang; suara ACnya terlalu kencang! Apalagi nggak bawa earphone, perlu hampir setengah jam supaya saya akhirnya bisa konsentrasi dengan tulisan saya sendiri itu. Ketika sudah tidak konsen saya akhirnya pindah ke area terbuka di luar perpustakaan. Udara sesudah hujan dan kicauan burung seperti biasa mendukung terciptanya euforia untuk menulis.

Memang tempat terbaik untuk menulis (bagi saya) itu di luar ruangan ya..

Saat selesai menempuh perjalanan dengan kereta dan tiba di rumah dengan lancar, lega rasanya bahwa ke-4 poin dalam GTD tercapai sudah.

Mari bertemu Senin kembali dan merencanakan GTD lagi!

image

Kamu suka menyusun rencana akhir pekan juga kah?

Yuk, susun rencana untuk bulan Juni. 😀

*Catatan: Ketika tulisan ini dibuat, tanaman bunga matahari yang baru tumbuh beberapa sentimeter seperti foto di atas mati, maka GTD pertama saya di bulan Juni nanti Insya Allah adalah mengulang kembali menanam bunga matahari hehe.

0 thoughts on “GTD akhir pekan: menanam sampai half marathon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *