The Liebster Award

liebster-award

Meski saya merasa cukup sering membaca tulisan orang lain dan blogwalking ke sana ke mari, ternyata baru kali ini saya mendengar mengenai Liebster award. Itu juga karena saya kena tongkat estafet Liebster Award dari Bang Rahmat yang bisa dibaca di sini.

Saya penasaran siapa yang membuatnya. Dan ternyata setelah mencari-cari, Liebster Award ini bukan asli dari Indonesia seperti yang saya kira. Asalnya dari luar negeri dan ngetren di kalangan blogger. Kata “Liebster” kabarnya malah berasal dari bahasa Jerman. Selama ini saya rupanya memang hanya rutin posting tulisan 2-3 kali saja sebulan dan blogwalking, tapi kalau masalah estafet award atau kopi darat dengan sesama blogger saya belum pernah ikutan.

Pertama kali ngeblog itu jaman kuliah, kayanya tahun 2006. Pertama bikin di blogspot tapi terus nggak ngerti settingannya dan lupa password. Lalu bikin di multiply tahun 2007 sampai sekitar 2010. Syukur sebelum MP ditutup saya sudah pindah duluan ke sini karena blog MP saya luar biasa berantakan hehe. Nah, selama ngeblog pindah-pindah itu, ini pertama kalinya dapat award jadi terima kasih banyak buat Bang Rahmat yang sudah menyerahkan tongkat estafet award ini untuk saya. Sehingga saya jadi tahu tentang award ini dan semoga blog milik saya beneran ada manfaatnya! Hihi.

Berikut adalah cara untuk meramaikan The Liebster Award :

  1. Post award ke blog anda
  2. Sampaikan terima kasih kepada blogger yang mengenalkan award ini & link back ke blognya
  3. Share 11 hal tentang diri anda
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan kepada anda
  5. Pilih 11 blogger lainnya dan berikan mereka 11 pertanyaan yang anda inginkan

Nah, mari kita mulai saja. Pertama menceritakan tentang diri saya dalam 11 hal.

1. Nama saya cukup dipanggil Yulia saja. Saya bungsu dari 3 bersaudara.

2. Penyuka warna kuning.

3. Sejak lahir tinggal di Jakarta tapi nggak suka macet :p.

4. Saya suka sekali dengan dunia luar ruangan alias outdoor. Saya menaruh minat sama aktivitas pengamatan burung (birdwatching) dan terutama pengamatan kupu-kupu. Tapi apa daya jam terbang minim jadinya sampai sekarang masih tetap amatiran dong :p.

5. Suka banget nongkrong di kebun. Sasaran wildlife photography saya adalah halaman belakang rumah. Dulu ibu suka heran ngapain saya jongkok-jongkok di rumput, kalo sekarang sih udah nggak heran karena bisa ditebak pasti di dekat saya lagi ada kupu-kupu hehe.

6. Saya sukaaa banget kalau naik kereta ke luar kota. Menyenangkan sekali ketika bisa naik kereta pagi atau siang hari melintasi batas kota sambil melihat pemandangan dari jendelanya.

7. Hobi saya kalau akhir pekan itu adalah renang dan jalan pagi memutari lapangan bola. Habis itu seduh teh sambil memandangi rerumputan di halaman belakang. Supaya lebih enak, kadang saya mencelupkan sereh yang digeprek ke dalam teh.

8. Saya adalah seorang pustakawan.

9. Berpikir untuk membuat usaha sendiri suatu hari nanti.

10. Pengin banget lihat lumba-lumba dan penyu di lautan

11. Jatuh hati sama desain interior, dan pengin bisa membuat desain untuk perpustakaan sendiri nantinya.

Nah, mari menjawab pertanyaan yang diberikan Bang Rahmat:

1. Sejak kapan Anda nge-blog dan di mana?

Mulai nge-blog tahun 2006. Coba-coba nge-blog di blogspot, tulisannya waktu itu seputar tugas dan kuliah hehe.

2. Apa manfaat nge-blog menurut Anda?

Sebagai sarana dan latihan menulis bagi saya. Latihan mengungkapkan pendapat, membuat kerangka pemetaan apa saja yang ada di kepala, dan sarana menuangkan ide-ide. Dengan nge-blog saya juga ikut berbagi tulisan dan berbagi pengalaman. Semoga sih ada yang bisa mengambil manfaatnya.

I really love writing. Jadi kalau ada yang baca Harry Potter dan ingat dengan adegan Dumbledore meletakkan memorinya di pensieve, nah blog bagi saya serupa seperti itu. Kalo nggak dituliskan, kepala seperti penuh. My blog, is my pensieve.

3. Apa impian terbesar anda?

Melihat lumba-lumba di lautan lepas.

4. Tempat mana yang paling ingin anda kunjungi untuk berlibur?

Belitong. Sampai niat sekitar beberapa tahun lalu beli celengan khusus buat ke Belitong. Etapi sampai sekarang belum kesampaian. Lagipula celengannya sudah keburu dibuka buat tes TORCH dede bayi di perut kemarin haha.

5. Siapa orang yang ingin sekali anda jumpai?

Prof. Somadikarta.

6. Siapa orang yang paling berjasa dalam hidup anda?

Ibu saya tentunya. Luar biasa.

7. Kenangan apa yang paling membekas di hati anda?

Saya ingat betul ketika saya berusia empat tahun. Saat itu saya minta gendong pada alm. Bulik Pikoh (sepupu ayah saya) yang sedang hamil sekian bulan. Ia berkata, “Gendongnya di samping saja ya, kan ada dede bayi di perut.” Sampai ketika ia pergi bulan September 2013 lalu, dan bahkan sampai detik ini memori itu tetap membekas dan seperti baru kemarin saja. Semoga keberkahan di akhirat selalu menyertaimu, dear Bulik Pikoh. Amin.

8. Apa judul buku atau film yang paling berkesan bagi Anda?

Buku Erik Weihenmayer yang berjudul “Touch the top of the world: farther than the eye can see.” Waktu baca bagian Erik yang tidak bisa melihat tapi bisa sukses memanjat tebing El Capitan atau saat ia mendaki gunung bersalju dengan bantuan bel di kaki teman satu timnya agar ia tahu arah ke mana harus melangkah, rasanya saya benar-benar terpaku. Bahwa keterbatasan kita justru bisa menjadi kelebihan yang mendorong kita perlahan keluar dari keterbatasan.

9. Makanan apa favorit kamu?

Rendang! Apalagi kalau makannya di bawah air terjun. Onde mandeh!

10. Tempat mana yang paling indah dan wajib kita kunjungi?

Penanjakan dan Bromo! The sunrise is really awesome!

11. Apakah pekerjaan anda sesuai dengan disiplin ilmu yang anda ambil ketika sekolah dulu? Jika tidak apakah anda menyesalinya ?

Tanpa sebuah kebetulan: disiplin ilmu dan pekerjaan saya sesuai hehe. Saya mengambil program studi Ilmu Perpustakaan saat kuliah dan saat ini memang menjadi pustakawan di sebuah perpustakaan kampus. Banyak yang masih memandang miring pada profesi pustakawan dan menyamakannya hanya sebagai PENJAGA perpustakaan. Namun semoga ke depannya perpustakaan (dan juga pustakawan) di negeri ini bisa semakin baik. (Lha kok jadi panjang).

 

Sekiaaan!

Tongkat estafet Liebster award ini akan saya berikan kepada yang saya sebut di bawah ini, yaitu yang tulisannya selama ini menarik saya untuk menyempatkan blogwalking ke rumah maya mereka. Semoga tidak merepotkan ya:

1. Nung Ria http://areeavicenna.wordpress.com/

2. Chandra http://chandraputri.wordpress.com

3. Leni http://leniaini.wordpress.com

4. Dyah http://Dykuza.wordpress.com

5. 3 di bumi http://tigadibumi.wordpress.com

6. Mas Ari http://buzzerbeezz.com

7. Mas Bayu Winata http://bayuwinata.wordpress.com

8. Hans http://turupasar.wordpress.com

9. Mbak Yusnita http://yusnitahakiem.wordpress.com

10. Mbak Dian http://awardeean.wordpress.com/

11. Mbak Kazwini http://kazwini13.wordpress.com/

Pertanyaan yang saya berikan adalah:

1. Apa alasan Anda untuk membuat blog?

2. Di mana tempat favorit Anda saat ingin rileks dari rasa lelah?

3. Apa makanan favorit Anda?

4. Pernahkah tertinggal barang penting saat akan traveling? Kalau pernah, sebutkan.

5. Sebutkan tempat yang menjadi impian Anda untuk dikunjungi?

6. Kalau ingin menjadi bunga, Anda ingin menjadi bunga apa?

7. Olahraga apa yang Anda sukai?

8. Pilih mana: gunung atau laut? Tuliskan alasannya.

9. Kenangan apa yang Anda ingat saat masa-masa sekolah?

10. Topik tulisan apa yang Anda sukai?

11. Apa cita-cita Anda yang belum tercapai?

Fiiiuhh.. akhirnya PR dari Bang Rahmat selesai juga. Bagi yang kena Liebster Award selanjutnya dari saya semoga nggak keberatan yah hehe.

 

0 thoughts on “The Liebster Award

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *