Juni dalam review

wpid-img_20140614_070410.jpgOlala… Cepat ya sudah pertengahan tahun. Entah bulan Juni ini memang sudah masuk musim penghujan atau seharusnya belum. Tapi beberapa kali turun hujan deras disertai petir bersuara kencang, suhu udara pun beberapa kali cenderung menurun.

Ramadhan pun datang dengan manisnya. And here’s June in review:

  • Saya menikmati betul udara bersih saat berolahraga pagi di akhir pekan. Meski hanya berupa jalan kaki pagi hari memutari lapangan, tapi relaksasi yang didapat rasanya luar biasa. Dan bulan Juni bertambah senang karena ada event Marathon yang diselenggarakan oleh Mapala UI tanggal 15 Juni 2014 lalu. Saya tentu tak ikut dalam lomba marathon tersebut, Abang pun juga tak ikut. Tapi kami tetap datang ke lingkup track dalam UI yang saat itu bertambah sejuk karena habis hujan semalam. Abang berjumpa dengan beberapa kawannya sementara saya bersiap dengan aplikasi Endomondo untuk menghitung seberapa jauh saya berjalan kaki melipir di antara para pelari itu :))

Pelari pun bercampur dengan masyarakat lain yang memang secara rutin berolahraga di kampus UI, Depok. Sewaktu kami melewati area yang berlokasi dekat dengan ex-gedung perpustakaan UI (tempat kami sering menghabiskan waktu dan mengerjakan tugas dulu), kami takjub bahwa area tersebut sudah ditanam rapi membentuk lajur-lajur dengan beberapa bangku semen untuk duduk dan menjadi taman yang menyenangkan. Kami menyempatkan duduk di sana. Dan area inilah penyebab saya menghentikan endomondo sehingga peta jalan kaki saya tak melingkar mencapai titik awal saya mulai hihi. Sementara sepulangnya dari sana Abang berkata; “Tahun depan kayanya mau ikutan marathon deh.”

wpid-img_20140615_074233.jpgwpid-screenshot_2014-06-28-20-02-55

  • Ini sudah bulan Juni, tapi target buku yang sudah dibaca baru sembilan buku sajah sodara-sodara! Huaaaa… masih ada 21 buku lagi kalau mau mencapai target 30 buku hingga akhir tahun. Ya seandainya buku-buku yang saya baca sekilas alias skimming di perpustakaan sebelum mencapai rak bisa dimasukkan ke daftar sih kayanya udah lebih dari 100, tapi kan nggak bisa -_-.

good reads juni

  • Pertengahan bulan Juni kemarin kami kembali kontrol ke dokter kandungan. Akhirnya kontrol kali ini Abang bisa ikut setelah dua kontrol sebelumnya tak bisa hadir karena diklat di luar kota. Dari hasil USG terlihat bahwa sudah ada kepala, kaki, dan tangan dalam ukuran kecil. Hihi kecil sekali terlihatnya, namanya juga 3 bulan :p. Dan jika bulan Mei lalu suara detak jantung sang janin masih terdengar samar dan sangat halus, maka bulan ini suara detak jantung sudah sangat jelas terdengar! Dug…dug…dug….dug…  Abang bahkan sampai tak bisa melupakan suara tersebut hingga beberapa hari sesudahnya. Ia terlihat sangat senang dan takjub.
IMG_20140524_110749
Tiga bulan!
wpid-img_20140527_083326.jpg
Lets swim!
  • Akhirnya target untuk membuat tulisan mengenai skoliosis yang disarankan Mbak Ismi untul blog Indonesiana bisa saya publish. Sebenarnya sudah selesai sejak beberapa minggu di pertengahan bulan, sayangnya saya belum PeDe untuk memublikasikan tulisan tersebut lewat media (meski cuma blognya). Tetap saja ya ada rasa khawatir. Tapi pemicu untuk menyebarkan kewaspadaan akan skoliosis begitu kuat karena di bulan Juni yatu tanggal 28 ditetapkan sebagai International Scoliosis Awareness Day oleh Scoliosis Association United Kingdom (SAUK). Ditambah lagi adanya berita duka cita dari salah seorang skolioser asal Tegal, yaitu Atin yang berpulang tanggal 26 Juni kemarin pasca operasi. (Semoga Atin dilapangkan kuburnya, diterima semua amal ibadahnya, dan diampuni dosa-dosanya. Amiiin). Ini semakin mendorong saya untuk menyebarkan semangat dan kewaspadaan akan skoliosis karena rupanya masih banyak yang belum ngeh sama kelainan tulang belakang ini. Yuk, kenal lebih dekat dengan skoliosis di sini atau berkunjung ke blog yang khusus saya buat sebagai wadah mengenai skoliosis di blog http://pantangpadam.wordpress.com 

  • Kami menemukan sarang burung berisi dua ekor anak kutilang di belakang rumah. Saya merasa bersalah tak bisa mengembalikannya ke pohon jati nan tinggi itu. Meski saya sendiri pernah melakukan beberapa kali pengamatan burung alias birdwatching tapi saya belum pernah sedekat ini dengan anak burung! Ah, lucunya. Saya bahkan membayangkan mengajarkan ia terbang setelah sedikit besar lalu ia bisa terbang bebas. Sayang perjumpaan kami hanya tiga hari :((. Cerita lengkapnya menyusul ya.

wpid-img_20140625_195856.jpg

  •  Menjelang bulan ramadhan, pohon jambu kancing di samping rumah selalu ramai berbuah. Sampai seperti banjir-banjir dan jatuh ke tanah! Jambu kancing ini tak bisa berukuran besar dan rasanya asam, maka lebih baik dibuat rujak oleh ibu. Nyam…nyam…

wpid-img_20140628_071411.jpg

  • Hari pertama puasa dan menjelang penghujung bulan Juni, yaitu tanggal 29, saya dan Runi melalukan packing singkat untuk #KirimBuku Kelana Kelapa. Packing buku kali ini ditujukan untuk Rubata (Rumah Baca Kita) di Jombang dan TBM Al Hakim di Lamongan.
    imageSelain itu kami juga packing peralatan mandi untuk komunitas Leubahagia yang nantinya akan mereka salurkan untuk anak-anak kanker di rumah singgah, Yayasan Kanker Anak Indonesia, dan Yayasan Anyo. Pengiriman tahap pertama ini berupa handuk (6 buah), sikat gigi dan pasta gigi (5 buah), sabun cuci tangan (5 buah), dan sabun sekaligus sampo anak (2 buah). Terima kasih ya untuk yang sudah berdonasi melalui Kelana Kelapa 😀

wpid-img_20140629_104832.jpg

Now we’re welcoming July! Happy Ramadhan, everyone!

0 thoughts on “Juni dalam review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *