Ngengat dan kupu-kupu April-Mei 2014

Menjadi citizen scientist berarti belajar untuk membuka mata lebar-lebar pada lingkungan terdekat tempat kita tinggal. Keterbatasan segala hal untuk masuk ke dalam hutan justru memberi kesempatan untuk memberi ruang lebih jauh merasuk ke dalam lingkungan paling dekat, paling nyaman, dan paling meneduhkan.

Because near is the new far…

April 2014

Sewaktu melihat seekor ulat bulu di antara dedaunan di depan rumah Abang, saya setengah takjub tapi juga ngeri melihat benda seperti tanduk yang berdiri di antara tubuh ulat tersebut. Maklum, phobia terhadap ulat bulu tentu belum sepenuhnya hilang meski saya sudah beberapa kali berusaha mendekati dan mengambil gambarnya ataupun seringkali mengejar si ulat yang sudah dalam bentuk kupu-kupu. Beberapa hari kemudian ulat tersebut terdiam di salah satu daun. Berdasarkan pengamatan yang sudah-sudah, ciri-ciri ini saya tangkap sebagai pertanda bahwa ia akan segera menjalani masa menjadi kepompong.

Dan benar saja. Esok hari terlihatlah kepompong hijau yang tersembunyi di antara daun. Semakin hari warnanya semakin terang dan transparan. Nantinya spesies ini adalah kupu-kupu Euploea sp. Ah, sayang ya kemarin saat menjadi ulat saya luput tak mengambil fotonya. Sebelum masuk ke halaman rumah dan membuka pintu pagar atau sebelum akan meninggalkan rumah, saya dan Abang selalu mengamati sang kepompong, memastikan bahwa dia masih ada di sana. Perkiraan pupa yang keluar menjadi kupu-kupu kabarnya sekitar 10-14 hari. Kami tak sabar melihatnya keluar dan berdoa semoga diberi kesempatan menyaksikannya.

wpid-IMG_20140407_204500.jpg

Sayangnya setelah 2 minggu kepompong tak juga menunjukkan tanda-tanda akan berubah atau sobek. Ditunggu sampai seminggu lagi tetap juga sama. Sampai akhirnya sebulan setelah menjadi kepompong kami menduga sang kupu-kupu mengalami kegagalan. Karena tak ada tanda-tanda kupu-kupu yang keluar. Sebaliknya, kepompong yang berwarna hijau keemasan cantik itu menjadi memudar warnanya lalu menghitam. Pupa pun mati entah karena faktor cuaca atau faktor lain. Ah, sayang sekali..

Nah, kalau yang selanjutnya ini adalah ngengat atau moth. Saya belum pernah melakukan pengamatan malam hari khusus untuk mengamati ngengat. Jika kupu-kupu cenderung aktif di siang hari, maka ngengat aktif pada malam hari. Jadi, beda ya kawan-kawan antara ngengat dan kupu-kupu.

Karena tidak pernah melakukan pengamatan khusus itulah, maka beberapa foto ngengat yang saya miliki berasal dari unsur ketidaksengajaan. Misalnya tak sengaja melihat ngengat yang nemplok di dinding dapur sejak malam hingga siang hari, atau tak sengaja bertemu ngengat besar di kolam renang.

Berikut adalah ngengat yang saya temukan saat bulan April lalu. Ngengat ini berukuran besar dan bertemu tak sengaja saat saya dan sepupu baru tiba di kolam renang. Ngengat ini parkir saja di tembok pembatas dan hampir mengagetkan kami karena ukurannya yang besar. Tak berapa lama saat kami tinggal berenang, ngengat menghilang. Saya tak yakin dia terbang maka saya menyisiri tembok pembatas. Dan benar saja, ia berada di lantai dekat kursi kami seolah tak berdaya dan tak bisa terbang. Kami lalu menyingkirkannya ke area pepohonan karena takut terinjak. Gerakan sayapnya cepat sekali saat kami pindahkan, tapi ia tak kunjung terbang.

Setelah menelusuri internet dan mencocokkan foto, ngengat ini termasuk dalam Hawk Moth spesies Amplypterus panopus.

wpid-IMG_20140416_194414.jpg

wpid-IMG_20140416_184713.jpgMei 2014

Kalau yang ini kupu-kupu yang saya temukan saat olahraga berjalan kaki pagi hari di lapangan. Ia sepertinya sedang berjemur dan sesekali terbang perlahan sehingga mudah didekati. Spesiesnya adalah Blue Pansy atau Junoniya orithya.

wpid-20140518_065550.jpg

wpid-20140518_065521.jpg

0 thoughts on “Ngengat dan kupu-kupu April-Mei 2014

  • January 9, 2015 at 10:45 am
    Permalink

    assalamualaikum.. mbak salam kenal 🙂
    saya juga menemukan kepompong yang spertinya sama dg kepompong mbak ini.
    kepompong ini ada di daun beringin. Sepertinya termasuk Danaus 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *