Kemping di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas

Cibodas, Jawa Barat seringkali menjadi salah satu tujuan wisata karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan juga karena nuansa alam yang kental.

Bagi yang hobi naik gunung tentu tak asing dengan gunung Gede-Pangrango yang terletak di Cibodas ini. Gunung yang berada dalam kawasan hutan hujan tropis itu termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango. Status Taman Nasional tersebut ditetapkan sejak tahun 1980.

Nah, bagi yang tidak ingin mendaki sampai puncak gunung atau hanya ingin sekedar trekking dan menghirup udara segar, berkunjung ke air terjun Cibereum bisa menjadi pilihan utama. Selain itu kita bisa juga piknik di Kebun Raya Cibodas dan berkemah atau kemping di Bumi Perkemahan Mandalawangi seperti yang akan saya ulas berikut ini.

IMG_20140329_170803
Puncak Pangrango

Bumi Perkemahan Mandalawangi terletak tak jauh dari pintu balai TNGP sehingga sangat mudah diakses. Menurut saya, Bumi Perkemahan Mandalawangi ini termasuk tempat berkemah yang ramah untuk para camper pemula.

  • Di sini tersedia FASILITAS MCK. Jadi tenang saja, kalo ada yang takut pipis di hutan bisa pergi ke toilet. Mushola juga tersedia dan tergolong bersih meski tidak bisa menampung jemaah terlalu banyak. Air untuk berwudhu pun melimpah langsung dari gunung.
  • Pengunjung juga bisa bermain air di SUNGAI yang berada di area perkemahan dan menjelajah sekitar hutan pinus. Beberapa dari pengunjung bahkan saya perhatikan membawa serta anak mereka yang masih tergolong balita untuk berkemah.
  • RUTE menuju lokasi dari Jakarta yaitu naik bus dari Terminal Kampung Rambutan tujuan Cianjur yang lewat jalur puncak lalu turun di Cibodas. Bilang saja pada kondekturnya untuk turun di Cibodas. Dari situ bisa jalan kaki atau sewa angkot menuju pintu masuk. Selain naik bus, kita juga bisa naik kereta hingga Stasiun Bogor kemudian menaiki elf dan turun di Cibodas juga.
  • Saran saya HINDARI LONG WEEKEND karena kemungkinan besar jalanan super macet dan pojok terbaik untuk kemping pun sudah taken. Jadi jika mau booking dari jauh-jauh hari ya.

wpid-IMG_20140331_152648.jpg

 

  • Jika tidak mau membawa tenda, bisa juga MENYEWA TENDA di tempat (plus didiriin sama Abangnya hehe). Biaya sewa tenda dome untuk kapasitas 3 orang adalah Rp 70.000. Sleeping bag juga tersedia untuk disewakan dengan harga Rp 15.000. (*harga per 2014)

Etapi bongkar tendanya sendiri ya.

DSC_1313

 

Info lebih lanjut tentang Bumi Perkemahan Mandalawangi ini bisa berkunjung ke sini.

Baca tips kemping untuk pemula di sini.

Kamu skoliosis? Cek tips kemping untuk skolioser di sini.

DSC_1112

Happy camping!

wpid-title_IMG_2014_0423_224946_.jpg

6 thoughts on “Kemping di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *