Event piknik skolioser

imageMelanjutkan kopi darat sebelumnya dengan Mia dan Dida, skolioser asal Bogor dan Bekasi, kami kemudian memutuskan untuk menggodok event pertama Kurva yaitu piknik skolioser.

Saya lalu mencetuskan piknik minim sampah di event kali ini, mencontek dari Mbak Shanty Syahril tentang zero waste-nya.

Acara digelar 16 April 2016 di area terbuka di belakang balairung UI, Depok.

Untuk itulah dari jauh-jauh hari sebelum acara piknik skolioser digelar, tim inti Kurva menyebarkan informasi mengenai rules piknik tersebut. Di antaranya yaitu dimohon membawa botol minum atau tumbler sendiri dan dimohon bagi yang ingin membawa makanan dari rumah untuk tidak menggunakan wadah stereofoam dan meminimalisir kemasan plastik.

Alhamdulillah goal dari piknik minim sampah ini boleh dikatakan berhasil. Kue-kue disajikan di wadah yang dibawa dari rumah. Kue donat tambahan yang dibeli di sekitar lokasi acara pun ditempatkan langsung di wadah cuci ulang tersebut.

image

Seluruh peserta membawa tumbler sendiri. Beberapa peserta yang secara sukarela membawa makanan pun banyak yang menggunakan wadah makanan sendiri.

Kalaupun tim inti pada akhirnya menyediakan botol minum kemasan ini dikarenakan kekhawatiran peserta kekurangan cairan karena keterbatasan kami yang tidak bisa menyediakan air minum tambahan. Karena pelajaran dari sharing buku lalu saat saya kepanasan dan kurang minum langsung deh besoknya sakit kepala selama 2 hari.

Di akhir acara memang kami belum bisa menghasilkan nol sampah atau zero waste. Sampah yang dihasilkan yaitu dari 16 orang menghasilkan 1 kantong plastik berisi beberapa kemasan kecil plastik kue, 3 bungkus karton takoyaki yang dibeli di bazar dekat lokasi acara beserta sumpitnya, 1 buah popok disposable, lembaran koran untuk alas duduk, tissue, dan sampah organik berupa kulit duku.

image

Sampah-sampah tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah yang ada di bagian belakang Balairung. Sementara sampah botol kemasan kemudian dibawa oleh bapak pemulung yang lewat beberapa kali di sekitar acara.

Area piknik pun tetap bersih dari sampah seperti sebelum acara digelar. Event selanjutnya semoga tim bisa menyediakan air tambahan dan alas duduk berlebih untuk meminimalisir sampah botol kemasan dan sampah koran.

Terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah bekerja sama meminimalisir sampah. Yuk, jadi skolioser yang peduli lingkungan!

0 thoughts on “Event piknik skolioser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *