Bunga calla lily di Yangmingshan

Yangmingshan mountain merupakan area taman nasional yang terletak di bagian utara kota Taipei. Luas taman nasional ini adalah sekitar 114 km persegi dengan ketinggian yang bervariasi yaitu mulai dari 200 hingga 1200 m.

Jalan menuju lokasi taman nasional ini menanjak berkelok-kelok. Semakin menanjak kita akan mencium bau belerang yang sangat kuat. Di area pegunungan Yangmingshan memang terdapat lembah belerang.

Daerah Longfeng valley atau Liuhuanggu yang kaya akan belerang tersebut dulunya adalah kawasan pertambangan belerang namun kemudian dihentikan pada tahun 1980 karena dampak lingkungan yang ditimbulkannya sehingga kemudian hanya menjadi kawasan wisata. Namun bukan Longfeng valley tujuan kami. Kami masih menanjak lagi menuju area yang lebih tinggi.

Daerah yang kami kunjungi adalah Zhuzihu yang merupakan sebuah area pertanian lokal yang lokasinya cukup tersembunyi di area pegunungan.

Jika berkunjung ke area ini pada musim semi kita bisa menyaksikan bunga sakura dan rhodondendrons bermekaran. Pada musim dingin bulan Januari lalu dan temperatur udara turun drastis ke titik terendah dalam kurun waktu 44 tahun, Yangmingshan pun menjadi salah satu lokasi yang dipadati warga untuk berwisata sambil bermain salju di area tersebut.

Kami datang pada musim panas di mana sakura-sakura sudah tidak mekar, juga bukan musim dingin saat turun salju yang selama ini saya impi-impikan, daun maple pun tak berwarna kuning-oranye menggelora jika musim gugur hadir seperti yang selama ini saya lihat di buku-buku atau majalah.
Tidak apa. Musim panas di Zhuzihu menyuguhkan hamparan bunga calla lily.

wp-1465538838713.jpeg

 

image

Bunga calla lily yang mekar tersebut dapat dipetik oleh pengunjung dengan membayar sejumlah uang sesudahnya, serupa dengan wisata petik strawberry di Bandung. Jalur masuknya melalui jalan setapak kecil dengan sisi yang diberi pembatas kayu.

image

image

image

Area kebun lily memang tidak terlalu luas sehingga bisa dilalui hanya sebentar saja. Namun jangan terburu-buru untuk pulang dulu karena di sekitar area kebun terdapat berbagai kedai minuman dan makanan sehingga memanjakan pengunjung untuk bersantai dengan menghirup coklat atau teh panas dan menyantap wafel sambil menghirup udara segar dan memandangi hamparan bunga calla lily.

Jpeg
Jpeg

Sambil memasukkan potongan wafel ke mulut, saya membayangkan area pegunungan dan kebun lily, juga tanah berbatu yang saya injak ini tertutup salju setebal 20 cm seperti pada Januari lalu.

image
Sisa daun maple untuk saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *