1 tahun 6 bulan

Dede sudah bisa berbicara dua kata! “Ini apah?” Katanya sambil menunjuk sebuah benda. Selesai saya jawab maka ia akan mengulangi lagi pertanyaannya sambil menunjuk benda lain lagi.

“Mau cucu.” Katanya yang berarti mau minum susu botol. “Mamaah, mau cucu.” Tuh, berarti udah tiga kata.

Kata lainnya lagi yang sudah ia bisa antara lain:
“Ada mpuh.” (Ada pus atau kucing).
“Ada icak.” (Ada cicak)
Daaaan lainnya lagi.

Anak itu juga sudah mengerti kalau dinasehati, diajak mandi (dan langsung kabur atau pura-pura tidur), dan ketika diminta tolong mengambilkan sesuatu. Ia juga sudah tahu kalau tidur maunya dikipasin dan jadi senewen kalo tangan saya berhenti!

“Mamaaah, ipaah.” (Mamah, kipas). Hiiih, kadang udah dikipasin sampe pegel malah nggak tidur-tidur.

De Arsa juga ternyata suka baca. Entah sudah berapa buku bacaan yang kami baca bersama. Dulu saya sempat khawatir ia tak tertarik pada buku padahal emak bapaknya pustakawan. Ternyata it’s grow day by day. Dalam sehari kami bisa diminta membacakan buku untuknya 5-10 kali untuk 1 buku.

image

Ia sudah tahu kalau minta telepon Uti-nya, sudah tahu kalau bajunya basah dan minta diganti, bahkan sudah bisa memilih mau pakai baju yang mana. Beratnya memang masih di bawah batas tapi ia tetap aktif sekali.

Beberapa hari ini bikin khawatir karena berturut-turut kejedot berkali-kali. Lagi lari cepat lalu ngejungkel. Lagi mainan dan nyelip-nyelip di antara galon lalu kesandung dan nyusruk ke lantai. Lagi mau nendang bola eeh malah kesandung bola dan akhirnya kebentur lego. Jidatnya kiri-kanan dan di dekat pipi sampe benjol-benjol, bikin Emaknya ngerasa bersalah 😩.

Dede yang dulu selalu minta dipegangi tangannya karena tidak berani jalan sendiri, sekarang bahkan suka ngabur ke teras buat mindahin pot saya. Dede yang dulu selalu tidak mau ditinggal meski saya hanya ke dapur untuk mengambil termos, sekarang malah suka main lego sendirian. Dede yang dulu hanya bersuara dan menangis untuk komunikasi, sekarang suka ngoceh nggak berhenti. Dede yang dulu cuma tepuk tangan kalau saya nyanyi, sekarang sudah bisa sepatah dua patah nyanyi lagu “Tik tik bunyi hujan”.

I guess I’m blink and he grow up.

image

image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *