Kabar dari kebun (2): menanam mint

Kali ini ngomongin tanaman mint yang saya beli bareng kaktus sekitar 2 bulan lalu.

Bagus kan mint di sebelah kiri itu? Lalu sekarang? Botak! Hiks…

Tanaman mint ini lebih suka lembab dan lebih baik tidak kena sinar matahari langsung. Sementara ini malah saya panas-panasin. Ya botak lah :evil:.

Karena ingin saya perbanyak (sebelum keburu layu dan mati), dari tanaman induk itu ada sekitar 3-5 cm bagian batangnya yang saya potong lalu taruh di jar kecil atau gelas mineral dengan bagian bawah batangnya terendam air. Pilih batang yang kondisi daunnya baik yah.

Setelah ditunggu sekitar 5-7 hari akan muncul akar baru dan akhirnya saya pindahkan ke pot. Alhamdulillah mint yang baru ini sekarang umurnya sudah 2.5 minggu dan tingginya sekitar 7 cm. Semoga aja lebih subur dari induknya ya.

 

5 thoughts on “Kabar dari kebun (2): menanam mint

  • August 6, 2016 at 12:20 pm
    Permalink

    Botaknya rontok daun atau bukan ya?. Herb saya belum lama ini botak juga, saya kira tanahnya yg jelek eh baru aja ketahuan tersangkanya ulat hijau 🙁 . Hama ini kerjanya sepertinya malam jd saya gak lihat klo pagi/siang.

    Reply
    • August 6, 2016 at 12:22 pm
      Permalink

      Botak daun mbak, trus batangnya kering. Kalo yang saya ini kayanya karena kepanasan, soalnya nggak ada ulat. Tapi di beberapa bagian medianya muncul daun2 baru yang kecil. Kalo daun2 lamanya udh pada cokelat mengering semua.

      Reply
  • August 18, 2016 at 4:14 am
    Permalink

    sama mba, pernah nyoba nanam mint dan gak berhasil karena tempatku panas banget haha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *