4W tips berjalan kaki di hutan kota atau taman kota

Ketika jenuh melakukan rutinitas atau bosan dengan macetnya jalanan kota, tidak ada salahnya pergi ke Ruang Terbuka Hijau di sekitar tempat tinggalmu.

Berjalan kaki memiliki banyak sekali manfaat. Menurut Kuo, Frances E. (2010), sebuah penelitian menunjukkan bahwa 15 menit berjalan di lingkungan hutan mengurangi lebih banyak stress daripada berjalan di lingkungan perkotaan dalam waktu yang sama. Aktivitas berjalan di hutan ini disebut Shinrin-yoku atau forest bathing. Kalau berjalan kaki ke hutan di Taman Nasional terbilang jauh dan memakan biaya cukup besar, berjalan kaki ke hutan kota atau taman kota yang lokasinya dekat juga bisa jadi pilihan rekreasi.

Ini sedikit tipsnya untuk melakukan kegiatan tersebut:

  1. What to bring? Air minum supaya tidak dehidrasi. Bawa tumblr atau botol minum sendiri akan lebih baik supaya mengurangi sampah.
  2. What to wear? Pakaian yang menyerap keringat (terutama untuk skolioser yang mengenakan brace seperti saya waktu itu), dan lebih baik menggunakan sepatu olahraga supaya telapak kaki tidak terkena duri atau benda lain yang tajam.
  3. What’s not to do? Buang sampah sembarangan tentunya.
  4. What’s to do? Jika sudah cukup jauh berjalan dan lelah, lebih baik berhenti dulu. Jangan lupa juga berhenti sejenak setiap melihat hal menarik yang bisa saja adalah hal sederhana tapi jika dilihat lebih jauh merupakan hal yang mengagumkan. Semisal kupu-kupu yang menghisap madu di bunga, lebah di pohon buah dan lain sebagainya. Tanpa peran mereka tidak akan ada buah-buahan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Resapi keindahan sekitar sambil menarik nafas dalam-dalam. And you’ll got relaxation.

dsc_0107

Oh ya satu lagi!

Tinggalkan hapemu di tas, dan fokuslah pada apa yang ditemui selama perjalanan. Kalaupun ingin memotretnya dengan kamera hape, hindari mengunggahnya secara langsung ke media online supaya tetap fokus.

Selamat berjalan kaki dan menikmati perjalanan!

dsc_0059

dsc_0087

2 thoughts on “4W tips berjalan kaki di hutan kota atau taman kota

  • October 15, 2016 at 8:12 am
    Permalink

    Waaaaaa… hutan UI, kangeeeeeeeennnn!!!! Trus habis itu, duduk2 di tepi danau UI, seger dan adeeemmm…. Buat saya itu relaxing banget, sayang uda lama ga dilakukan lagi…. Hmmm… Thanks uda diingatkan 🙂

    Reply
    • October 17, 2016 at 11:42 am
      Permalink

      Iyaaah menenangkan banget memang kala itu di hutan UI. Sama2 yaa.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *