Bucket list jalan ke Bandung bareng A

Bandung memang menjadi magnet wisata karena daerahnya yang unik dan memiliki berbagai tempat menarik yang layak dikunjungi. Mulai dari bentang alam, perkotaan, hingga cafe-cafe tempat nongkrong yang menjamur di berbagai tempat.

Kota Bandung bisa dijangkau dari Jakarta hanya dengan hitungan 2 jam. Ini yang juga menjadi nilai tambah meningkatnya kunjungan ke Kota Kembang. Tak heran, kabarnya Bandung bisa menjadi sangat padat di akhir pekan atau saat liburan tiba.

Untuk menghindari kelelahan karena terjebak macet, enaknya sih sekalian menginap di Bandung alias tidak hanya ditempuh dengan 1 hari saja jika ingin mengunjungi berbagai destinasi wisata. Apalagi sekarang dengan hadirnya A, yang Desember nanti akan menginjak 2 tahun, kami tidak bisa sembarang memilih lokasi wisata ketika ingin berlibur.

Bandung pun menjadi incaran saya dan Abang karena lokasinya yang cukup dekat tadi. Ditambah beberapa memori menyenangkan yang hadir saat kami berkunjung ke sana, termasuk ketika saya dan Abang melakukan trip babymoon alias saat A masih di dalam perut.

wpid-img1410182627802.jpg

Nah, sekarang ketika A sedang senang mengeksplorasi segala hal yang ia lihat, kami juga ingin melakukan perjalanan kembali ke Bandung bersama A agar ia mengenal kota ini lebih dekat.

Berikut adalah daftar tempat yang ingin kami kunjungi bertiga bersama A:

  1. Gedung Sate

Terletak di Jl. Diponegoro, Gedung Sate yang menjadi ikon kota Bandung sudah dibangun sejak tahun 1920 dan berfungsi sebagai salah satu pusat pemerintahan Belanda. Desain arsitektur dari gedung ini merupakan gabungan inspirasi dari gaya arsitektur Eropa dan Indonesia.

2. Museum pos Indonesia

Sebagai orang yang hobi berkirim kartu pos, tentunya museum ini wajib dikunjungi buat saya hehe. Selain itu juga supaya menunjukkan pada A tentang surat menyurat, bis surat, juga perangko. Lagipula A sudah pernah berkunjung ke kantor pos yang ada di Taipei, masa museum Pos negeri sendiri belum pernah hehe. Museum pos Indonesia terletak di Jl. Cilaki, tidak jauh dari Gedung Sate jadi bisa sekalian jalan.

3. Kawah Putih, Ciwidey

Kalau yang ini saya sendiri memang sudah pernah berkunjung sebanyak tiga kali. Tapi kurang pas ya kalau belum ajak A juga ke sini hehe. Akhir tahun lalu kami memang menginap di sekitaran Ciwidey tapi hanya mampir ke Ranca Upas saja yang ternyata lokasinya dekat dari Kawah Putih. Saya ingin berbagi keindahan Kawah Putih yang ditemukan oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn di tahun 1937 ini pada A.

Menuju Kawah Putih, 2010
Menuju Kawah Putih, 2010
Kabut datang
Kabut datang

4. Toko Eiger Adventure

Berdasarkan hasil pencarian, desain arsitektur dari toko Eiger yang ada di Jl. Sumatera, Bandung itu keren banget! Ditambah katanya ada wall climbing buat anak. Nah sambilan emaknya kelilingan lihat tas sama jaket, A latihan manjatin tembok ajah sama bapaknya haha.

5. Taman Hutan Raya Djuanda

Berlokasi di Dago Pakar, Tahura merupakan hutan kota yang memiliki beraneka ragam tumbuhan dan hewan. Kita bisa menyusuri jalan setapak di dalam hutan menuju Curug Omas. Sudah berapa kali kami mau ke sini tapi nggak jadi-jadi. Semoga suatu hari nanti bisa eksplorasi Tahura sama A. Di sana A bisa lari-lari dan menghirup udara segar sambil pengamatan burung dan kupu-kupu. Yeah!

6.Kineruku

Saya penasaran banget sama Kineruku yang menggabungkan konsep vintage, cafe, dan perpustakaan. Kineruku yang menjadi referensi buku, musik, dan film ini berlokasi di Jl. Hegarmanah, Bandung. Pengin banget suatu hari nanti bisa bikin yang semacam ini bareng Abang. Semoga bisa terwujud. Aamiin. Sebelum itu harus datang dan lihat sendiri ke Kineruku yang ngehitz itu hehe. Etapi saya belum cari tahu kalau ke sana boleh bawa anak nggak yah?

7. Saung Angklung Mang Udjo

Selain menikmati bentang alam, belajar sejarah, makan di kafe, belajar tentang budaya juga wajib donk. Saung Angklung Mang Udjo terletak di Jl. Padasuka, Pasirlayung dan sukses bikin saya terpukau menyaksikan pagelarannya kala itu. Saya ingin mengenalkan angklung pada A. Siapa tahu di sana dia nggak malu joget-joget bareng kakak-kakak hehe.

Para pemain angklung cilik yang luar biasa :D
Para pemain angklung cilik yang luar biasa πŸ˜€

Nah, untuk bisa mewujudkan bucket list Bandung di atas, enaknya sih menginap setidaknya 2 atau 3 hari di Bandung biar nggak capek. Supaya biaya akomodasi lebih hemat menginapnya di Zen Rooms saja! Zen Rooms ini merupakan jaringan hotel berkualitas yang ada di berbagai negara seperti Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Srilangka, dan Brazil. Zen Rooms menawarkan penginapan yang sudah teruji kualitasnya serta bersih dengan harga yang lebih murah! Penginapan ini sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Bali.

screenshot_2016-10-23-20-44-59_1.jpg
Sumber gb: Zenrooms.com/id
screenshot_2016-10-23-20-44-31_1.jpg
Sumber gb: Zenrooms.com/id

Enaknya Zen Rooms ini sudah bisa booking via online, bahkan memiliki aplikasi sendiri yang bisa diunduh di Playstore. Harga yang ditawarkan via online lebih murah dan kabarnya nggak berubah! Hmm… jadi ingat pengalaman saat menginap di sebuah penginapan di Bandung dan fasilitas yang ditawarkan sama sekali berbeda dengan saat pemesanan, toiletnya pun jauh dari bersih dan bahkan tidak ada sarapan padahal di tempat itu sulit sekali mencari rumah makan. Duh! Jadi tambah pengin nyoba Zen Rooms ini suatu hari nanti hehe.

screenshot_2016-10-23-20-44-48_1.jpg
Sumber gb: Zenrooms.com/id

Beberapa bucket list tempat yang ingin dikunjungi di atas memang sudah pernah saya kunjungi sebelumnya. Tapi saya tidak keberatan mengunjunginya lagi bersama A supaya ia bisa merasakan pengalaman di tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru di perjalanan.

IMG_20151202_135321329
Ranca Upas, Bandung. November 2015

 

4 thoughts on “Bucket list jalan ke Bandung bareng A

  • October 23, 2016 at 7:46 pm
    Permalink

    bandung mah meang keren habis hanay macetnya itu

    Reply
    • October 25, 2016 at 1:56 pm
      Permalink

      Iyah mbak hehe. Macet di mana-mana

      Reply
  • October 24, 2016 at 6:31 am
    Permalink

    Di Bandung memang cukup banyak zenrooms ya mba. Aku permah nginep yg di Dago

    Reply
    • October 25, 2016 at 1:56 pm
      Permalink

      Pasti seru yah, Mbak πŸ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *