Puzzle dari bekas stik es krim

Udah lama pengin bikin ini tapi baru kesampen heuhu. Itupun nyari-nyari dulu stik es krimnya di mana. Soalnya saya umpetin trus malah jadi lupa karena dulu udah punya banyak dan dibuang sama ibu huhu.

Stock stik es krim ini pun akhirnya cuma bisa jadi 1 puzzle aja dan panjangnya pun nggak sama. Nggak papa lah ya.

Alat dan bahan:

1. Stik es krim (setidaknya 2-5 pcs)

2. Cat air

3. Kuas

Udah itu aja.

P_20170130_120237

Cara:

Susun stik es krim dan pegangi supaya tidak bergeser lalu mulailah membuat pola.

Kalo mau bikin gambar yang agak ribet mending bikin pakai pensil dulu tipis-tipis. Bisa juga pakai cetakan kue yang bolong, tapi saya belum punya dan karena masih dalam rangka mengenalkan bentuk geometri ke A jadinya saya langsung aja melukis segitiga.

Tunggu sampai catnya kering ya bu ibuk. Ini saya ngerjainnya kilat pas A tidur, tanpa diduga barusan ia sempet bangun dan saya halangi pake badan saya supaya nggak lihat.

A sebenarnya sudah mulai bisa membedakan bentuk geometri tapi kita lihat apakah dia bisa menyusun puzzlenya dengan sabar. *nyengir

Kalo anak ibu sudah lebih besar bisa juga ajak mereka untuk melukis di stik es krim. Habis ini saya minta Abang beli es krim lagi yang banyak hag hag.

Selamat mencoba!

P_20170130_121545_1

Dan karena sisa catnya masih ada jadi saya buat tulis-tulis aja.

P_20170130_122849

Update:

A awalnya senang waktu saya ajakin main puzzle meski keliatan dia masih bingung. Pas nyoba sekali abis itu ditinggal, nggak terlalu tertarik kayanya. Tapi saya diamkan saja. Nggak lama dia minta mainan lagi. Dan inilah hasil puzzle yang dia susun.

P_20170130_141852

Esok harinya saya menemukan tempat pensil yang sempat dikira hilang dan di dalamnya ada stik es krim! Karena berpikir bahwa A masih bingung menyusun puzzle akhirnya saya memutuskan membuat puzzle 2 baris saja yang akan ditulis huruf hijaiyah. A baru hafal nyanyian alif-ba-ta-tsa dan belum wujud hurufnya. Akhirnya saya putuskan membuat huruf “ba” dan “nun” di dua baris  stik es krim saja dan bukannya lima baris seperti kemarin.

Ini bikinnya singkat banget pas jam 3 pagi. Trus pas udah jadi saya ngeh kalo puzzle yang cuma 2 baris ini bisa diacak dan dituker. Akhirnya saya tambahin huruf “alif” di samping “ba”, juga “mim” dan “wau” di baris satunya lagi.

Ternyata pas udah dikasi A mikirnya itu masih puzzle 4 baris, jadilah dia deretin semuanya ke bawah hehe. Nggak papa lah, namanya juga perkenalan.

IMG-20170202-WA0001

2 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *