Buku kain flanel untuk pengamat burung cilik

Sekitar setahun yang lalu saya membuat konsep ide untuk membuat buku kain atau softbook alias buku yang terbuat dari kain dan digunakan untuk mengenalkan kegiatan “membaca buku” pada anak sejak usia dini dengan tema BURUNG.

(Bukan kok. Bukan saya yang jahit. Jahit kancing aja saya harus pake buka youtube dulu hiks… syudih aku..)

Jadi yang mengeksekusi ide adalah Dini (Bintang Kecil Handmade), kawan skolioser saya yang memang berprofesi di bidang craft khusus kain flanel dan memang sering membuat softbook juga hiasan lain untuk anak dari bahan flanel.

Isi cerita softbooknya sebenarnya sederhana. Tentang kegiatan pengamatan burung atau birdwatching secara sekilas saja dan pengenalan burung-burung di alam. Jumlah halaman termasuk cover dan belakang adalah 6 halaman. Jadi hanya singkat saja.

Saya berdiskusi dengan Dini lewat WA tentang kegiatan birdwatching versi amatiran saya sambil mengirimkan beberapa foto yang memuat bagaimana bentuk monokuler atau binokuler itu. Lalu membahas halaman cover, jenis burung-burung, dan bagian belakang buku. Oh ya juga termasuk aktivitas yang terkandung di dalam softbook. Karena softbook akan lebih baik jika di dalamnya mengandung aktivitas yang bisa menstimulasi motorik anak. Misal kegiatan menarik bendar dari velcro, memasang kancing, dan lain sebagainya. Dalam hal softbook ini, tentu saja tetap berkaitan dengan burung.

Saya pun memilih tambahan ide tentang burung siang dan malam beserta latar di dalamnya. Jadi bisa sekalian mengenalkan konsep siang dan malam pada anak.

Setelah softbook selesai dibuat, target pertama tentu adalah A, anak saya sendiri.

P_20160622_080553
A saat 1 th 6 bulan

Dan meskipun ada yang bilang sebaiknya nggak jualan di blog, tapi saya mau bilang kalo minat sama konsep dan softbook flanel kolaborasi saya dan Dini ini boleh lhoo kasi tau saya. Atau pesan via Kelana Kelapa. Karena sekian persen dari hasil penjualan softbook ini akan didonasikan melalui komunitas Kelana Kelapa. Dan juga berarti kalian-kalian ikut turut dalam pengenalan buku dan alam sejak dini.

Tambahan dari softbook ini adalah adanya burung-burung yang direkatkan dengan velcro dan tentu saja bisa dilepas dari softbook-nya.

P_20160624_090229_LL

Saya lalu memungut ranting pohon kering di jalan dekat rumah dan menempelkannya di tembok. Di ranting itu, saya dan A lalu meletakkan burung-burung di sana. Kami pun membuat binokuler dari gulungan bekas tissue dan menggunakannya sebagai teropong lalu mengarahkannya ke ranting pohon di tembok. A senang sekali mengintip burung-burung dari binokuler kardus ini. Semoga ia selalu ingat bahwa burung-burung akan lebih baik jika beraktivitas dan terbang bebas di alam, bukan di sangkar.

P_20160624_090754_LL

 

P_20160622_082629

Jadi, siapa mau pesan? Perlu diingat bahwa softbook ini pre-order dulu yaps.

P_20160623_104903_LL

Silakan hub:

ID Line: Kedaikelanakelapa

SMS: 081283781747

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *