Dengar lagu seru lewat Langit Musik

Sewaktu masih bekerja kantoran, seringkali saya memutar lagu di komputer untuk mengiringi tumpukan-tumpukan buku yang datanya harus saya masukan ke database perpustakaan. Lagu-lagu tersebut biasanya saya putar dengan volume rendah dan baru saya kencangkan volumenya saat pengunjung perpustakaan sudah bubar.

Sekarang ketika sepanjang hari menghabiskan waktu di rumah, jarang sekali saya memutar lagu kecuali dari radio. Karena streaming lagu dari internet akan memakan kuota yang lumayan besar, sementara sebagai ibu rumah tangga tentu saya juga harus menghemat pengeluaran. Tapi kalo nggak ada musik ketika terasa jenuh dan cucian menggunung, duuh! Saya butuh lagu untuk menyemangati hari! Terutama di malam hari, ketika energi sudah menurun dan cucian masih tetap menggunung dan tulisan di blog belum juga selesai ditulis. Ahaay….

Foto: kaboompics
Foto: kaboompics

Apalagi akhir-akhir ini ketika hujan datang dengan rintiknya yang memunculkan semua kenangan. Petrichor yang muncul selepas hujan memang akan selalu membuat siapa saja menjadi teringat akan sebuah memoar. Akhir-akhir ini saya terbawa pada kenangan saat saya dan Abang trekking ke air terjun di Cibodas hampir empat tahun lalu. Kemudian tahun depannya kami mengulangi trekking tersebut lagi bersama beberapa kawan dan dilanjutkan berkemah. Hujan turun deras tak berhenti selepas magrib hingga subuh esok harinya. Saya, Nofal, dan Eries yang satu tenda meringkuk tak bergeming. Tidur pulas.

Saat itu tak ada yang tahu bahwa sebuah doa yang diucapkan setahun lalu bahwa saya ingin sekali suatu hari nanti mengajak anak saya trekking ke tempat tersebut akan terwujud tiga tahun kemudian. Kami bahkan sama sekali tak tahu bahwa sudah ada janin di dalam rahim saya yang asyik saja ikut trekking naik turun. Lalu tiga tahun kemudian doa yang pernah saya ucapkan itu terwujud dengan saya dan Abang yang mengajak serta anak kami, A, untuk trekking dan pergi berkemah pertama kalinya.

dscn1565

Lagu yang mengiringi saya saat menelusuri jalur berbatu yang mendaki itu adalah lagu fenomenal milik Ed Sheeran berjudul Thinking Out Loud. Meski nggak hafal dan sesungguhnya sekarang sudah tidak update lagu-lagu baru tapi saya sukaaa banget liriknya sehingga setiap mendengar lagu itu, saya selalu teringat akan perjalanan kami bertiga menuju jalur air terjun. Teringat dengan A yang memakai sepatu boots kecilnya dan memanggil-manggil saya untuk terus berjalan dan tidak terlalu banyak berhenti.

Saya membutuhkan lagu yang selalu mengingatkan pada kenangan indah kami itu karena selalu memberikan inspirasi dan semangat baru tapi tentunya tak mungkin selalu mendengarkan streaming dengan menghabiskan kuota internet. Syukurlah saya mengetahui adanya aplikasi bernama Langit Musik. Aplikasi ini dibuat oleh Telkomsel dan PT. Melon Indonesia. Yang bikin seru adalah kita bisa mendengarkan berbagai lagu secara streaming namun tanpa terkena kuota alias gratis! Seru, kan?!

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Langit Musik:

1. Mengunduh aplikasi Langit Musik di Playstore.

2. Membuat akun dengan memasukan nomor Telkomsel. Iyah, streaming lagu gratis ini syaratnya mendaftar dengan nomor Telkomsel.

3. Nantinya akan dikirimkan kode melalui SMS dan kode tersebut kita masukan untuk mengaktifkan akun.

4. Jadi deh. Kita bisa mulai browsing dan mencari-cari lagu yang kita sukai.

Selain itu kita juga bisa memutar lagu secara offline dengan menjadi pengguna premium dan membayar paket tertentu.

Screenshot_2017-02-22-06-14-55

Tapi kalaupun tidak menjadi pengguna premium kita tetap bisa kok mendengarkan musik secara streaming dan gratis! Langsung aja deh saya search lagu Thinking Out Loud-nya Ed Sheeran lewat fitur search. Dan ternyata ada lebih dari 6.000.000 lagu Indonesia dan Internasional yang tersedia dan bisa kita putar dari berbagai genre. Selain tidak memakan kuota, ternyata juga tersedia liriknya lho! Jadinya bisa sambil nyanyi deh. Selain itu kita bisa menyimpan dan membuat playlist dari lagu-lagu yang sesuai minat kita. Semua itu bisa didengarkan secara streaming dan gratis!

Screenshot_2017-03-14-07-37-10

Hal lain yang lebih seru adalah adanya fitur “explore” yang terdiri dari “for you” dan “browse”. Di sini kita bisa mendapatkan berbagai lagu yang terkumpul dalam satu genre. Sementara pada fitur “browse” kita diberi pilihan salah satunya berdasarkan musik dan penyanyi yang sedang trending.

Screenshot_2017-03-14-11-28-05

Ada satuu lagi nih yang bikin seru! Yaitu fitur #tagStation yang menyerupai radio. Jadi kita tidak tahu lagu apa yang akan diputar selanjutnya, sama seperti ketika mendengarkan radio. Sehingga ada sensasi tersendiri ketika secara tiba-tiba lagu yang kita suka muncul dan diputar.

Seru yah aplikasi Langit Musik ini! Meski tentu tetap ada kekurangannya yaitu saran saya semoga aplikasinya semakin ditingkatkan karena terkadang agak slow loadingnya di hape saya hehe.

Anyway, semoga lagu-lagu di Langit Musik ini bisa menambah inspirasi saat saya berkegiatan. Langit Musik benar-benar Musiknya Hidup Kamu deh!

Screenshot_2017-02-22-21-04-03

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam

Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”

One thought on “Dengar lagu seru lewat Langit Musik

  • March 30, 2017 at 3:59 am
    Permalink

    Thinking Out Loud malah mengingatkan saya akan mantan, huhu. Ah tapi saya suka lagu Ed Sheeran yg lain. Iya yaaa…enak banget donlot Langit Musik. Daripada beli CD nya, cek harganya di priceza.co.id waduh mending budgetnya buat langganan di Langit Musik deh. Lebih muraj nan praktis

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *