Burung layang-layang batu di langit-langit rumah

Berniat melakukan pengamatan burung jauh-jauh ke Kebun Raya Bogor dan ternyata tidak menemukan burung apa-apa, rupanya saya malah dipertemukan dengan burung yang baru saya lihat di rumah milik sepupu di Cimanggis, Depok pada bulan Januari lalu.

Dari kamar sang sepupu di lantai 2, saya dan A mengamati burung yang belakangan diketahui adalah burung layang-layang batu atau Pacific swallow atau bahasa latinnya Hirunda tahitica yang sedang hilir mudik mengumpulkan material untuk membuat sarang. Sang sepupu bercerita bahwa kerapkali atap rumah memang berlubang karena burung tersebut yang membuat sarang di langit-langit bagian luar rumahnya.

DSCN2615

Burung layang-layang batu ini berdasarkan info pada web Kutilang berukuran kecil, kira-kira 14 cm, dan berwarna kuning tua, merah, dan biru. Kami mengamati burung tersebut yang sesekali hinggap di kabel listrik lalu secepat kilat terbang lagi. Dari keterangan yang ditulis dalam web Kutilang, burung ini memang banyak terdapat di daerah terbuka di dekat air. Dan di depan rumah sepupu memang terdapat aliran sungai kecil. Dan benar saja, setelah saya lihat lebih dekat hasil foto di kamera, ada campuran seperti lumpur dan ranting yang ia bawa di paruhnya.

IMG_20170116_105734_966

IMG_20170129_090958_702

~ Karena burung diciptakan untuk terbang, bukan di dalam kandang

DSCN2631

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *