Pasar malam di Taiwan

Jika berkunjung ke Taiwan jangan lupa datang ke pasar malam atau night market karena di beberapa tempat di Taiwan sangat terkenal dengan pasar malamnya.

Di pasar malam tersebut terdapat berbagai jajanan dan rupa-rupa barang layaknya seperti pasar malam di Jakarta. Mulai dari souvenir, tas, pakaian, mainan, hingga sepatu.

Pasar malam yang paling terkenal adalah di area Shilin yang biasa disebut Shilin night market. Tersedia bus gratis untuk menuju kawasan Shilin nite market dari stasiun MRT tertentu untuk memudahkan para pengunjung.

wp-1467470636534.jpeg

Kami berangkat pukul setengah 8 malam dan mempersiapkan jaket untuk anak kami supaya tidak masuk angin dan juga membawa serta gendongan agar memudahkan kami menggendongnya ketika ia mengantuk nantinya.

Jajanan yang paling khas di pasar malam Taiwan adalah chou dofu atau stinky tofu atau tahu bau. Banyak sekali pedagang yang menjual chou dofu ini. Aromanya memang tidak sedap sehingga disebut tahu bau.

Selain itu juga terdapat sosis bakar, satay cumi, berbagai minuman jus buah, hingga susu goreng. Bagi yang beragama muslim hati-hati dalam memilih jajanan karena ada beberapa makanan yang memang tidak menggunakan daging babi namun ternyata adonannya menggunakan lemak babi. Disarankan untuk bertanya lebih dulu kepada penjual atau untuk lebih amannya memilih makanan yang sudah pasti aman dari kandungan babi saja.

Kalo saya belinya es krim goreng aja hehe. Mau beli chou dofu nggak kuat deh baunya.

wp-1467470608689.jpeg

p_20160508_211426_2.jpg

Di daerah Shilin juga terdapat toko kue nanas atau pineapple cake khas Taiwan yang memiliki label halal yaitu Vigor Kobo. Selain Shilin night market, terdapat juga Ximending night market yang juga terkenal di antara para pelancong namun variasi jualan lebih banyak terdapat di Shilin.

Pada saat itu Alhamdulillah A tidak rewel dan anteng saja di dalam gendongan meski ramai orang. Ia sekali menangis karena haus dan akhirnya saya duduk sejenak untuk menyusui.

Tips bagi yang ingin ke pasar malam di Taipei:

1. Jangan lupa bawa payung dan kalau pergi dengan anak maka pakaikan jaket pada anak. Karena cuaca tidak menentu dan bisa saja turun hujan.

2. Jangan ragu kalau mau nawar tapi nggak bisa bahasa mandarin sana dan penjualnya nggak bisa bahasa Inggris. Biasanya pakai kalkulator dan bahasa isyarat ngerti juga kok hehe.

3. Jangan mudah tergoda dengan sale jika bagasimu terbatas.

4. Jangan lupa bawa perlengkapan anak seperti cemilan, baju ganti, diapers, gendongan atau stroller, juga apron untuk menyusui.

Happy strolling in night market!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *