Klinik gitar Jubing Kristianto di Sonora Music School

Tanggal 6 Agustus 2017, saya mendapat kesempatan menghadiri acara klinik gitar Jubing Kristianto di Sonora Music School, Depok.

Acara itu terbuka untuk murid sekolah musik dan siapa saja yang mau hadir dengan membayar tiket sejumlah tertentu. Namun ada kompetisi yang juga diadakan oleh sekolah musik Sonora di akun Instagram. Yaitu me-repost poster acara di akun masing-masing. Pemenangnya akan dipilih secara acak untuk menghadiri event.

Saya pun lantas mencoba saja. Siapa tahu rezeki. Dan ketika diumumkan pemenangnya ternyata saya berhak mendapatkan tiket gratis! Alhamdulillah.

Ini ketiga kalinya saya menghadiri event musik Bapak Jubing. Pertama saat event “Jalan Hidup Enam Senar” di Bentara Budaya, Jakarta tujuh tahun lalu. Itu adalah pertama kalinya saya melihat langsung petikan gitar oleh Pak Jubing. Cerita tentang event tersebut akhirnya saya masukan sebagai pembuka di buku indie saya.

Lalu dua tahun kemudian di sebuah event di area Glodok, Mangga Dua. Waktu itu saya tidak tahu acaranya bertema apa. Ternyata bertema tahun baru Cina. Jadilah yang datang memang rata-rata Kakek dan Nenek bermarga Chinese sementara saya anak muda sendiri! Tapi di acara yang minim pesaing itu malah memudahkan saya untuk minta tanda tangan di belakang panggung. Seriously, it’s very easy! Dibandingkan dengan saat di Bentara Budaya dulu yang ngantri bejibun, saat itu saya cuma tinggal melenggang aja ke belakang panggung tanpa halangan apa-apa.

Kesalahannya saat itu hanya satu: hape saya dan Abang sama-sama mati. Maka jadilah kesempatan besar buat foto bareng terlewatkan begitu saja.

Tapi waktu itu senang sekali karena ketika di atas panggung, Pak Jubing sempat mengucapkan “Terima kasih kepada Yulia yang sudah jauh-jauh datang.”

Bapak dan ibu, juga kakek nenek yang duduk di deretan bangku sampai menoleh ke saya dan nanya apa saya rumahnya satu daerah sama Pak Jubing hehe.

Eh ini malah ceritain yang udah lewat dulu yaa, nggak langsung ke event klinik gitar hehe :p.

Lalu kesempatan lain lagi saat Desember 2014 saya mendengar kabar kalau Pak Jubing ikut tampil di acara HUT Mapala UI. Waktu itu saya nggak tahu kalau Pak Jubing juga pernah kuliah di UI. Saya lantas tanya apa Abang mau hadir di acara bareng kawan-kawannya itu? Ia sih mau aja dan saya mau bangets!

Masalahnya malam itu adalah malam menjelang hari saya melahirkan hag hag. Sebenernya mah, event yang membuat rileks kaya gini harusnya diperbolehkan buat ibu hamil ya (maksa deh emak ini). Malah suka ada ibu yang disuruh belanja dulu atau ke salon dulu supaya rileks. Apalagi mengingat kemarinnya saya sudah dua hari di RS sampai akhirnya pulang lagi ke rumah gara-gara belum ada pembukaan! Terlalu tegang, Sodara-Sodara!

Masalahnya: mana boleh sama ibu saya menjelang hari melahirkan malah nonton acara musik?!

Jadilah kesempatan itu terlewat lagi. Dan akhirnya baru datang tiga tahun kemudian.


Hari Minggu itu saya hampir saja terlambat datang. Ketika masuk ke sekolah musik Sonora, bangku-bangku sudah terisi dan Bapak Jubing baru saja duduk di depan para hadirin. Saya duduk di pojok kanan, melewati penonton lain yang ternyata adalah murid-murid sekolah musik maupun orangtuanya. Lalu dimulailah klinik gitar oleh Pak Jubing Kristianto.

P_20170806_104441

Pak Jubing menguraikan sedikit mengenai gitar, yaitu gitar lebih sulit dari piano. Karena kalau piano notnya sudah tersedia semua sementara gitar tidak. Gitar pun dituntut untuk polifoni: memainkan semua not secara bersamaaan sekaligus. Karena itulah gitar umumnya digunakan oleh pengamen karena tuntutan memainkan musik sendirian.

Gitar juga bisa masuk di segala jenis musik: dangdut, blues, klasik, dan sebagainya. Sehingga gitar bisa digunakan untuk mengiringi tari tradisional, balet, dan berbagai jenis alat musik.

Pak Jubing menyebutkan beberapa judul dan musisinya yang membuat saya sadar kalo pengetahuan musik saya NOL besar.

Saran dari Pak Jubing untuk yg belajar gitar: dengarkan musik asli dari sebuah karya, jangan hanya turunannya. Inti: pengalaman mendengar.

Jadi bukan hanya sekedar belajar tentang not, tapi ada apa di balik karya tersebut. Contohnya Hujan Fantasy tekniknya diperoleh dari gitar klasik semua. Tapi yang paling penting adalah mengetahui ada apa di balik pembuatan lagu “Tik.. tik.. bunyi hujan” itu. Pak Jubing mengetahui bahwa lirik lagu tersebut tercipta saat rumah Ibu Sud kebocoran. Maka dengan mengetahui makna di balik sebuah karya, kita pun jadi semakin terinspirasi untuk menciptakan karya lagi.

P_20170806_111959

Pak Jubing sudah bermain gitar sejak masih sekolah. Ia tidak pernah bercita-cita menjadi musisi ataupun gitaris. Ia hanya suka bermain gitar. Titik. Nilainya pada masa sekolah itu seringkali jeblok dan rapornya merah, namun ia berhasil juga diterima di UI. Pak Jubing pertama kali mengaransemen lagu sendiri yaitu lagu “Ayam den Lapeh” saat SMA dan mengikutsertakannya dalam lomba gitar non klasik. Saat itu ia tidak menang namun hanya masuk final.

Setelah itu musisi gitar tersebut sempat menjadi wartawan sekian tahun. Sambil bekerja sesekali ia tetap bermain gitar. Hal paling penting menurutnya lagi adalah bahwa semua orang harus punya need of achievement. Setiap harinya kita harus belajar hal baru, sesimpel apapun itu. Tidak hanya di gitar namun di setiap kehidupan, misalnya belajar menggoreng tempe tanpa gosong.

Pak Jubing hari itu memainkan tiga lagu dan membagikan beberapa CD albumnya (hadiah dari Sonora Music School) untuk peserta yang bisa menebak judul lagu yang ia mainkan. Sayangnya saya buta betul sama lagu-lagu itu dan nggak bisa jawab apa-apa. Di akhir acara ada salah satu peserta yang request Pak Jubing untuk memainkan lagu alm. Chrisye namun ia lupa judul lagunya. Pak Jubing pun ternyata juga lupa dan akhirnya memainkan lagu “Cinta” namun karena tidak hafal jadi beberapa kali sempat salah nada. Ketika sampai di rumah saya baru ingat bahwa kemungkinan besar lagu alm. Chrisye yang dimaksud adalah “Aku cinta dia” yang memang juga muncul di album Pak Jubing. Duh, semua peserta, panitia, bahkan Pak Jubing sendiri saat itu tidak ngeh dan lupa yah. Padahal itu lagu favorit sayah heu.

Daaaan akhirnyaa di selesai acara saya bisa poto bareeeeng. Yeaaay!

Terima kasih Pak Jubing dan Sonora Music School.

IMG_20170806_124307_343

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *