BOGOR: Curug Cipeteuy

Curug Cipeteuy berada di Desa Tenjolaya, Bogor. Lokasinya tidak jauh dari situs arkeologi Cibalay Arca Domas. Jika kita melakukan pencarian di internet mengenai curug ini, banyak yang salah mengira bahwa Curug Cipeteuy berlokasi di Majalengka. Meski sama-sama berada di Jawa Barat, namun Curug Cipeteuy yang kami kunjungi ini berada di kawasan Bogor yaitu di kaki Gunung Salak.

IMG_20170828_142444_393

Kami mengunjungi curug ini saat melakukan perjalanan wisata arkeologi ke Situs Arca Domas di kawasan yang sama yaitu Desa Tenjolaya. Dari situs tersebut kita hanya tinggal trekking saja. Namun, perlu diingat karena jalurnya melewati hutan dan lumayan rapat serta memotong jalur lain maka lebih baik meminta dipandu oleh warga setempat saja.

Baca juga: berkunjung ke Situs Arca Domas, Bogor

DSCN4752

Mendekati area air terjun kita akan bertemu dengan kawasan hutan pinus yang meneduhkan. Di situ juga terdapat rumah pohon sebagai spot foto. Sepanjang perjalanan menuju curug, disarankan untuk tetap berhati-hati melangkah karena jalur cukup tinggi dan gunakanlah alas kaki yang tidak licin.

DSCN4720

DSCN4714

Curug Cipeteuy sendiri tidaklah berukuran tinggi dan lokasinya tidak luas. Menurut beberapa sumber, curug ini dulunya merupakan tempat pemandian para raja. Mungkin ini sebabnya lokasinya masih berdekatan dengan situs Arca Domas.

Ada beberapa titik yang cukup curam sehingga disarankan untuk berhati-hati serta TIDAK bercanda dorong-dorongan ya.

DSCN4728

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *