Kampanye #SadarSkoliosis

Saya memulai kampanye #SadarSkoliosis ini sejak tahun 2014. Saat itu mulai merintis sendirian dan berniat suatu hari bisa mendirikan sebuah komunitas yang bisa bermanfaat untuk kawan-kawan lain yang juga memiliki pengalaman sama dengan skoliosis.

Mungkin karena saat itu sudah diniatkan, lalu bertemu jalan dengan desaigner logo yang menawarkan harga diskon. Lalu dimulailah pembuatan logo Kurva meski saat itu saya belum tahu akan mengajak siapa untuk mendirikan komunitas.

Sejak beberapa tahun lalu saya berkenalan dengan Tya, skolioser asal Semarang yang jago desain. Ia pun membuat poster deteksi dini skoliosis pertama kalinya. Saya baru bertemu dengannya pada Agustus 2014.

Dua tahun kemudian setelah hanya bisa bersua di dunia maya, akhirnya saya bisa bertatap muka dengan Dida dan Mia yang rupanya satu visi dan misi untuk merintis komunitas Kurva sebagai wadah untuk para skolioser. Saat pertemuan itu adalah saat saya diminta melakukan book sharing sederhana untuk komunitas Backpacker Indonesia chapter Depok.

Kami akhirnya menentukan beberapa poin tujuan dan memutuskan membuat kopi darat Kurva pertama kalinya di bulan selanjutnya yaitu April 2016.

Alma, desainer yang membuat cover buku indie saya pun juga akhirnya membuatkan poster untuk banner.

IMG_20160416_100334

Sayangnya, hingga hari ini kami belum berhasil membuat event lagi meski rencananya pertemuan dibuat 3-6 bulan sekali.

Namun meski begitu, kampanye via dunia maya tetap dilakukan. Lewat poster yang bisa disebarkan, merchandise (gelang karet, tas, kaos dan stiker), hingga pengiriman poster untuk taman baca atau perpustakaan di berbagai daerah yang berpotensi dikunjungi masyarakat sehingga semakin besar kesempatan untuk mengetahui mengenai skoliosis.

Poster untuk Taman Baca di Malang, Jawa Timur.
Poster untuk Taman Baca di Malang, Jawa Timur.

Rencananya, buku indie saya juga akan dicetak ulang untuk ke-3 kalinya.

IMG_20171009_170100_683

Apakah ada banyak hambatan? Oh tentu. Tidak semua orang paham dan mengerti akan tujuan semua ini dan ada pula yang mencibir. Tapi kita kan tidak melakukannya untuk sekedar menyenangkan orang lain.

Demi #SadarSkoliosis, untuk para skolioser di seluruh pelosok negeri.

IMG_20170410_110438_275