Anak yang mengambil buku dari rak

Ada anak yang baru saja berusia tiga tahun, mengambil sebuah buku dari rak lagi dan lagi. Ini pertama kalinya dalam sekitar 2 bulan ia baru mulai kembali mengambil buku sendiri.

Bukan karena tak suka buku, bukan. Dalam kurun waktu dua tahun ini, ia sendiri yang menurunkan buku dari rak, meminta dibacakan, lalu meletakkannya lagi di rak buku kesayangan. Lalu kenapa kebiasaan itu berhenti sejak 2 bulan lalu?

Karena kami mengganti rak bukunya. Dan si anak butuh adaptasi lagi.

Buku yang biasanya dipajang menghadap ke depan, terlihat bagian sampul alias covernya, kini menghadap berjajar hanya kelihatan punggung bukunya.

Kalau dalam sudut Montessori, segala perubahan tata ruang dan perabot di rumah itu berpengaruh besar pada anak usia di bawah 3 tahun. Dan ternyata benar adanya.

Anak itu kemudian menarik satu buku berukuran besar dan cukup berat. Menggotongnya dengan susah payah ke arah ibunya yang ternyata sedang makan. Ia menggotong lagi ke arah bapaknya lalu akhirnya mereka membaca buku tersebut bersama. The world atlas of birds. Atlas burung-burung dunia.

P_20180108_120147_1

Lima menit mengeksplorasi buku bersama sang bapak, ia menyudahi membaca, menggotong buku kembali ke arah sang ibu dan berkata, “Ama makannya udah selesai belum?”.

Oh, ternyata tetap tujuan awalnya adalah membaca buku burung bersama saya. Terima kasih, Nak.

The world atlas of birds
The world atlas of birds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *