Gerhana bulan biru (Super red bluemoon) di akhir Januari 2018

Setelah bisa melihat supermoon pada awal Januari, ternyata ada satu lagi peristiwa langka dari benda langit di awal tahun 2018 ini. Kali ini bukan hanya sekedar supermoon alias bulan yang berukuran lebih besar dari biasanya, namun juga sekaligus terjadi gerhana bulan. Peristiwa ini terjadi pada bulan purnama ke-2 di bulan yang sama maka disebut sebagai bluemoon. Lalu nantinya saat gerhana bulan akan terlihat berwarna merah.

Kenapa berwarna merah?

Menurut Info Astronomy, ini disebabkan oleh cahaya matahari yang mengenai bulan tertutup oleh bumi, tetapi atmosfer bumi masih membiaskan cahaya merah dari matahari sehingga bulan tidak gelap total melainkan merah.

Nah, siapa yang kemarin berkesempatan untuk melihatnya?

Karena saya menyukai benda langit seperti awan, bintang, dan juga bulan. Maka tentu saja saat gerhana kemarin saya mewanti-wanti supaya tidak terlupa. Saya sudah membayangkan bahwa saya akan melakukan pengamatan di rumah kakak mengingat lokasinya yang lebih lapang. Dari rumah saya tidak terlihat. Sayangnya ketika saya sampai malam hari bersama A dan Abang, rupanya posisi bulan tepat berada di atas genteng rumah kakak. Jadi tentu saja kami tak bisa leluasa melakukan pengamatan. Kami pun putar arah menuju rumah nenek. Akhirnya di sanalah kami melakukan pengamatan.

Saat itu sekitar pukul 20 lewat dan bulan sudah masuk fase gerhana total sehingga sudah berwarna merah.

Begitu sampai, A malah heboh minta teh manis buatan nenek buyut. Sementara saya terlupa tidak membawa tripod. Satu hal yang sangat penting. Kamera Nikon P900 memang memiliki kelebihan zoom yang kebangetan, tapi dia juga kebangetan goyang-goyangnya!

Jadilah entah saya mencoba jepretan ke berapa dan tidak juga menghasilkan gambar yang memuaskan seperti pada fenomena supermoon selanjutnya. Abang pun hanya memberi waktu hingga pukul 9 saja, khawatir A kemalaman karena ia masih pilek. Akhirnya kami pun pulang dengan foto yang hanya seadanya.

Sampai di rumah rupanya posisi bulan mulai agak kelihatan dari depan rumah. Namun, ketika saya berkata pada A bahwa saya hendak melihat bulan lagi di luar, ia malah menyodorkan setumpuk buku bacaan di tempat tidur. Saya pun membacakan sekitar 10 buku bacaan tersebut untuk A dan berharap ia lekas tidur. Ternyata selesai baca buku nggak tidur jugaaaaa huaaaaa…. Jadilah akhirnya gagal sudah mengabadikan fase demi fase gerhana huehehe.

2 thoughts on “Gerhana bulan biru (Super red bluemoon) di akhir Januari 2018

    • February 7, 2018 at 11:57 am
      Permalink

      Kamera, tripod, dan teropong Mbak kalau ada dan berniat mengabadikan. Kalau mau menikmati saja cukup tiker dan cemilan hehe.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *