Kupu-kupu yang sedang mud-puddling di sekitar kolam renang

Sudah beberapa kali saya bertemu kupu-kupu dengan spesies yang sama serupa seperti ini di kolam renang.

Kupu-kupu ini rupanya senang sekali mud-puddling alias mengumpulkan tambahan nutrisi.

Mungkin karena di kolam renang banyak genangan air bekas (ehm… keringat dan perhaps, sekali lagi, perhaps urin), maka mereka senang sekali berkubang alias mud-puddling di sekitaran kolam renang. Karena saya ketemunya di sekitaran kolam renang ya (serupa) ini lagi, ini lagi.

Aktivitas berkubang atau berlumpur atau puddling merupakan hal biasa bagi kupu-kupu.

Umumnya kupu-kupu yang ini cukup mudah didekati. Ya, memang tidak semuanya sekali didekati langsung bisa difoto sih, karena mereka biasanya ambil jarak dulu. Tapi kalau sudah asyik mud-puddling ya cuek saja difoto.

Saat mereka mud-puddling ini, belalai panjang alias probosis-nya menjulur panjang. Kalau sudah selesai ya digulung lagi! Maha Besar Allah dengan semua ciptaan-Nya.

10 Juli 2017. Sedang asyik mud-puddling, sayap robek sebelah.

IMG_20170710_055124_559_wm

23 September 2017. Berhasil foto saat sayap terbuka

IMG_20170925_125406_118_wm

Lalu yang terakhir pada 27 Januari 2018 lalu. Untuk dua kupu-kupu di atas sulit identifikasi karena sayap yang robek dan tidak ada foto sayap bagian atas.

Kupu-kupu yang ini cukup sulit didekati. Setiap saya dekati meski sudah perlahan, ia selalu kabur. Sepertinya tidak mau diganggu atau ia menanggap ancaman bahaya hehe. Sulit sekali menjepret dengan posisi sayap terbuka. Hingga akhirnya saya rekam saja.

Kupu-kupu ini melakukan mud-puddling sejak saya amati di sekitar pukul 10 hingga pukul 2 siang. Sesudah itu langit mendung dan kupu-kupu pun menyingkir. Sekitar pukul 3 sore, entah mungkin sepertinya ia mengetahui kalau saya masih penasaran, sehingga kupu-kupu tersebut malah nemplok di dekat kaki saya yang sedang asyik duduk. Thanks for knowing me!

Nama latin: Doleschallia bisaltide 

Nama Inggris: Autumn leaf

Jpeg

Jpeg

Screenshot_2018-02-04-13-07-55

Saya merekam cara mereka menghisap air di genangan ini. Silakan check videonya di sini.

Sumber rujukan:

Nugroho Susetya Putra. 2015. Mud-puddling: cara serangga untuk mendapatkan nutrisi penting. https://ilmuserangga.wordpress.com/2015/02/02/mud-puddling-cara-serangga-untuk-mendapatkan-nutrisi-penting/ (Online) diakses pada 3 Februari 2018.

 

2 thoughts on “Kupu-kupu yang sedang mud-puddling di sekitar kolam renang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *