Mengasah kecerdasan naturalis

A senang sekali mengeksplorasi berbagai hal. Ia rupanya juga bisa lebih berekspresi jika berkegiatan di luar ruangan. Mungkin karena ruang geraknya tidak sempit atau takut kejedot lemari. Ini sebabnya kami sering mengajaknya main ke taman.

Tempo hari bersama kakak sepupunya kami main ke ruang terbuka di UI, Depok. Mereka bermain mobil-mobilan di tanah dan rerumputan. Mereka berlari, melompat, memungut ranting dan biji-bijian, juga mengamati tunas daun yang baru tumbuh dan gerak seekor ratu rayap yang keluar dari tanah yang awalnya mereka kira adalah ulat.

Kami tidak selalu harus mengintervensi mereka ataupun melarang mereka bermain tanah yang kotor, kecuali saat mereka mendekati pohon Olleander yang getahnya beracun dan berbahaya. Saya langsung melarang mereka mendekat. Mereka mengamati pohon tersebut, menganalisa sambil berkata “Ooh beracun ya.”, lalu berjalan menjauh.

Thanks, kiddos for always teaching me amazing things!

IMG_20180218_124039_192

And here’s the butterfly that i found. Junonia orithya or Blue pansy. Ia berjemur di rumput, merentangkan sayapnya dan perlu beberapa kali pendekatan hingga akhirnya bisa difoto.

IMG_20180218_112459_219

IMG_20180218_112625_925

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *