Hari pertama masuk (homeschooling)

Kami memang belum 100% menentukan apakah kami akan menggunakan jalur homeschooling untuk A seterusnya, namun yang jelas untuk saat ini ya memang itu yang kami jalani. Karena kami tidak memasukan A ke preschool atau kelompok bermain, melainkan masih di rumah saja bersama saya. Maka boleh dibilang saat ini A menjalani homeschooling usia dini.

Di hari pertama pertengahan bulan Juli itu banyak sekali postingan terkait hari pertama masuk sekolah. Bahkan juga dari beberapa kawan yang anaknya seusia dengan A dan memasukan anaknya ke TK kecil atau PAUD maupun Kelompok Bermain.

Tentu pendidikan bukanlah untuk balapan. Saya pun mengingatkan diri jua untuk biasa saja menanggapi fenomena hari pertama masuk sekolah itu. Meski sebenarnya sudah mulai ditanya-tanya oleh orangtua nantinya akan memasukan A ke TK mana tahun depan.

Di hari pertama masuk sekolah itu, saya bergembira hati karena menjalani hari bersama A di rumah. Inilah kegiatan yang kami lakukan:

1. A membantu saya menyikat lantai dan mencuci pakaian.

Saat itu kami sedang berada di rumah ibu. Syukurlah lokasi mencuci terletak di atas sehingga saya dan A bisa bebas berkreasi. Saya tidak melarang A untuk membantu menyikat lantai. Saya kagum sekali saat ia bahkan memiliki inisiatif untuk membuka gulungan selang dan mengalirkan air sendiri ke ember. Katanya ia ingin membantu saya mencuci pakaian. Masya Allah. Tabarokallah.

2. A mulai suka mewarnai dan saya mencetak beberapa tipe alat transportasi agar ia bisa mewarnai sendiri. Tentang mewarnai ini insyaa Allah akan saya buat postingan sendiri.

3. Sore hari kami berkunjung ke rumah salah satu sepupu. Dulu ia kerap menolak setiap baru masuk ke rumah yang baginya terasa asing. Kali ini sudah tidak histeris lagi, hanya malu-malu saja. Kami akhirnya bermain di luar rumah, balapan lari denga sepupu, makan kue putu, dan mencari tumbuhan peletekan.

A takjub dengan tumbuhan yang bisa meletak saat terkena air itu. Sebelumnya ia berinisiatif sendiri melakukan penghitungan ada berapa peletekan yang berhasil kami kumpulkan.

20180716_155602

20180716_155556

20180716_155531

Semoga selalu jadi anak sholeh dan bermanfaat ya, Nak. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *