Membuat kreasi kolase dengan cangkang telur

Sudah lama saya nggak main ke blog familia kreativa. Ketika blogwalking ternyata ada ide kegiatan baru untuk anak yaitu membuat kolase dengan cangkang telur. Detailnya ada di sini.

Maka mulailah saya mengumpulkan cangkang telur. Sebenernya sudah lama berniat mau memisahkan sampah cangkang telur karena ternyata bisa menjadi pupuk organik untuk tanaman. Namun seringkali tidak langsung dicuci sehingga malah mengundang semut. Akhirnya kembali dibuang ke tempat sampah.

Printable gambar yang akan dibuat kreasi juga tersedia di blog. Kami pun mencetaknya. Etapi bocah ternyata belum mau langsung bikin kolase. Karena lagi keranjingan mewarnai jadinya A hanya semangat mewarnai ayamnya saja. Ya sudah saya pun tak mau memaksanya.

Berminggu-minggu berlalu hingga hari ini saya ajak ia menempelkan cangkang telur. Ternyata ia mau. Tapi pas nyari lem kok nggak ada ya. Akhirnya pakai double tape saja.

Gambar ayamnya kami cetak dua kali. Satu ia warnai, satu lagi hanya dicoret-coret saja.

Kegiatan ini bagus untuk motoriknya, melatih kesabaran, dan sambil mengerjakan bisa juga diajak diskusi mengenai siapa yang menciptakan ayam, bahasa inggrisnya ayam apa, dan seterusnya.

A mengerjakan kegiatan ini sambil kabur-kaburan alias tidak bisa selalu duduk tenang. Ia berlari lalu duduk lagi dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *