Tempat asyik berbuka puasa di Jakarta

Kira-kira di mana ya tempat yang seru buat buka puasa di Jakarta? Semasa sekolah maupun kuliah, biasanya kita mencari tempat berbuka puasa yang bisa untuk sekalian jalan-jalan atau nongkrong. Tapi diakui atau tidak, mall yang biasanya dijadikan tempat berbuka itu juga punya kelemahan meski memiliki sederet restoran yang menyajikan masakan lezat untuk berbuka.

Kelemahannya yaitu mulai dari antrian tempat duduk, luamaaa sekali menanti masakan ready, hingga antrian wudhu di masjid setempat dan area shalat yang juga penuh hingga tidak muat.

Pernah beberapa kali, saya memesan makanan saat maghrib dan pesanan baru tiba menjelang shalat isya, atau lebih parah lagi ngantri lama buat wudhu trus air kerannya tiris 😭.

Meski punya kelemahan tersebut, mall tetap saja ramai dipenuhi orang-orang terutama kaum muda yang mau berbuka sambil hahahihi dengan teman-temannya.

Lalu di mana ya kira-kira tempat di luar rumah yang asyik buat berbuka puasa di Jakarta?Hmmm… Kalau nanya sama saya sekarang, saya mah bakal bilang: di masjid!

Akhir-akhir ini saya mikir kayanya seru ya kalau buka puasa rame-rame gitu. Apalagi A lagi senang-senangnya shalat di masjid. Ummi juga pernah cerita waktu puasa di Mekkah, semua orang berlomba-lomba untuk memberikan makanan. Tidak ada yang tidak kebagian, tidak ada yang kelaparan. Sudah habis kurma di tangan, ada lagi yang memberi kurma dan nasi.

Nah, bagaimana ya kira-kira kalau buka puasa di masjid Jakarta?

Berikut kira-kira masjid di Jakarta yang bisa dijadikan tempat sasaran berbuka puasa:

  1. Masjid Istiqlal

Sebagai masjid yang berada di pusat kota, masjid Istiqlal tentunya menjadi magnet bagi banyak orang. Banyak yang menjadikan masjid ini sebagai sasaran untuk tempat beribadah dan berbuka puasa. Baik para warga yang wisata religi, musafir, hingga kaum dhuafa.

2. Masjid Sunda Kelapa

Kuliner di depan Masjid Sunda Kelapa di luar bulan ramadhan sangat menggoda. Apalagi jika bulan ramadhan. Kabarnya mulai jam 3 sore, masyarakat yang ingin berbuka di sekitaran masjid sudah mulai membeli jajanan di depan masjid. Banyaknya pilihan jajanan pun bisa membuat bingung! Lokasinya yang dekat dengan Taman Suropati juga semakin menarik warga untuk datang dan menikmati buka puasa tanpa terlambat shalat magrib.

3. Masjid Agung Al Azhar

Serupa seperti dua masjid besar lainnya, Masjid Agung Al Azhar yang juga berada di tengah kota pun menjadi daya tarik untuk melakukan wisata religi. Sembari merenungkan pemikiran-pemikiran dan karya Buya Hamka, kita bisa turut serta mendengarkan siraman rohani, melakukan berbuka puasa dan dilanjutkan ibadah shalat maghrib.

Kalau kamu, jika diberi pilihan untuk buka puasa di luar rumah, pilih di mana?

Sumber foto: wikipedia

2 thoughts on “Tempat asyik berbuka puasa di Jakarta

  • May 10, 2019 at 1:03 am
    Permalink

    Saya cuma baru ke istiqlal dan masjid sunda kelapa. Btw, mbak asli cilacap ya? Salam kenal ☺

    Reply
    • May 10, 2019 at 2:26 am
      Permalink

      Bapakku orang Sidareja hehe. Jadi dulu tiap mudik lebaran pasti aku nginep juga di Cilacap dan main ke pantai Teluk Penyu. Salam kenal juga, Mbak.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *