Buku Eric Carle untuk anak

Eric Carle adalah penulis sekaligus juga ilustrator buku anak. Karyanya yang paling terkenal adalah buku “Ulat yang sangat lapar” alias “The very hungry catterpilar. Ilustrasinya memiliki gaya lukisan yang khas, bagi saya seperti lukisan cat air.

Buku Eric Carle yang ada di perpustakaan rumah kami adalah:

  • The very hungry catterpilar

Buku ini menceritakan mengenai seekor ulat yang sangat lapar. Ia memakan apa saja mulai dari daun, buah, keju, es krim hingga kue. Melalui ide cerita yang unik, anak diajak untuk mengetahui nama-nama hari dan mengenali hidup seekor ulat kecil yang memiliki peran di alam.

  • Today is Monday

Dengan ilustrasi yang besuar, buku ini tidak menawarkan kisah sebuah cerita seperti buku lain pada umumnya. Namun memberikan pengenalan nama-nama hari dan nama-nama makanan secara singkat di setiap halamannya seperti sebuah lagu. Di akhir halaman diberikan not dan lirik lagu nyanyian tersebut.

  • The foolish tortoise

Buku ini bercerita mengenai kisah hidup seekor kura-kura yang jenuh dengan geraknya yang lambat. Ia ingin sekali seperti hewan lain sehingga meninggalkan tempurungnya. Di akhir cerita, kura-kura menyesali keputusannya dan akhirnya kembali menjadi dirinya sendiri. Lewat ide cerita tersebut anak-anak diajarkan untuk menerima kekurangan diri dan menemukan kelebihan yang dimiliki serta tidak mudah iri dengan apa yang terlihat di orang lain.

  • The tiny seed

Buku ini menceritakan mengenai bagaimana kisah hidup bibit tanaman yang terbawa angin ke sana ke mari hingga akhirnya tumbuh menjadi sebuah pohon. Anak-anak diajak untuk mengetahui siklus alam dan mengenali lingkungan.

Kalau kamu, apakah suka buku Eric Carle juga?

2 thoughts on “Buku Eric Carle untuk anak

  • September 25, 2019 at 4:03 am
    Permalink

    Halo mbak yulia, wah bagus koleksi Eric Carle nya. Aku suka deh dengan bahasan buku2 anak edukatif seperti ini. Kami tinggal di Belanda dan disini terkenal sekali buku-bukunya Eric Carle. Di rumah saya punya bukunya yang berjudul “Have you seen my cat?” dalam bahasa Belanda. Isinya mengajarkan nama-nama binatang yang masuk dalam keluarga Kucing di berbagai belahan dunia.

    Disini ada Children Book Museum, disitu ada diorama nya The Very Hungry Caterpillar. Luar biasa memang karyanya!

    Reply
    • October 1, 2019 at 9:44 am
      Permalink

      Waaah children book museum ya. Pasti seru!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *