Siwak sebagai sikat gigi yang paling ramah lingkungan

Siwak adalah ranting dari pohon arak yang banyak tumbuh di Timur Tengah. Rasulullah memiliki gigi yang sangat bersih dan sehat dan menggunakan siwak untuk sehari-hari.

Siwak banyak mengandung bahan alami yang baik untuk kesehatan gigi misalnya chloride, fluoride, essential oil, silika, dan lain sebagainya.

Ada beragam manfaat siwak yang bisa kita ambil, yaitu:

  1. Mencegah gigi berlubang.

Bagi yang sudah pernah menggunakan siwak, pasti menyadari kalau air liur menjadi bertambah banyak sesudahnya. Ini hal yang wajar karena kandungan dalam siwak memang memacu produksi air liur yang membantu menjaga keseimbangan pH di dalam mulut. Hal ini membantu mencegah gigi berlubang.

2. Mencegah bau mulut

Wangi kayu siwak sangat khas sekali dan mengandung zat antibakteri yang tentunya bersifat alami. Sehingga ketika kita gunakan tentunya akan mencegah bau mulut.

3. Melindungi gusi

Siwak mampu melindungi gusi karena mencegah terbentuknya plak pada gigi.

Suatu hari gigi saya sakit setelah makan makanan yang luar biasa manis. Terakhir saya ke dokter gigi rasanya sekian tahun lalu untuk menambal gigi yang berlubang. Dan sesudahnya Alhamdulillah nyaris tidak pernah sakit gigi. Namun beberapa bulan lalu sakit sekali rasanya pasca mengonsumsi makanan yang luar biasa manis tersebut. Akhirnya saya menggunakan siwak yang sempat saya diamkan sekian lama. Saya kupas ujungnya kira-kira 1 cm, lalu saya mulai gunakan beberapa kali terutama di gigi yang sakit.

Malam harinya, gigi masih terasa sakit tapi sudah jauh berkurang. Esok harinya dan seterusnya saya gunakan siwak lagi hingga ajaibnya rasa sakit pada gigi benar menghilang! Wuaah senangnya. Benar rasanya siwak mengandung bahan alami yang menjaga kesehatan gigi.

 

Kelebihan siwak lain yaitu siwak tidak menghasilkan sampah sesudahnya. Namun begitu, pembungkus siwak masih menggunakan plastik dari produsen sehingga masih ada sampahnya juga.

Dengan semua manfaat itu, kamu mau coba siwak juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *