Tips kemping bersama bayi

APAAAAH KEMPING SAMA BAYI?!!

Ck..ck..ck.. Nekat ya. Ibu macam apa itu!

Sabar…sabar sebelum sinis, mari saya berikan tips yang rinci untuk kemping bersama bayi. Siapa tahu ada yang mau coba juga. Sebenernya nggak jauh beda ya sama waktu persiapan kemping bareng anak. Cuma bedanya yang ini anaknya udah 2 hehe.

Baca juga: Persiapan kemping bareng anak

  1. Persiapkan daftar barang yang akan dibawa sejak 3-5 hari sebelumnya.
  2. Pisahkan pakaian yang mau dibawa berdasarkan jenisnya. Misalnya jaket anak jangan dicampur dengan baju biasa tapi dicampur dengan jaket ibu, bapak, bayi, dan selimut.
  3. Bungkus semua pakaian dengan kantong plastik. Lebih bagus lagi jika ada plastik wrap yang ada segelnya itu lho. Supaya lebih menghemat tempat.
  4. Pilih gendongan yang tepat. Saya masih menggunakan gendongan kakaknya dulu yaitu Boba Air.
  5. Simpan barang yang lebih lama dipakai di bagian paling bawah tas. Misalnya baju untuk tidur yang masih untuk nanti malam jangan diletakan paling atas. Letakan mukena dan baju ganti (untuk jaga-jaga di perjalanan) di paling ataa tas sebagai benda yang mudah dijangkau.
  6. Pada saat itu kemping kami merupakan event bersama dan panitia menyediakan makanan selama kemping sehingga kami cukup membawa cemilan. Sementara untuk bayi kami baru mulai MPASI sehingga kami merasa cukup membawa pisang. Saya nggak punya slow cooker dan semacamnya sih jadi nggak bawa heu. Etapi kalo ada juga mau colokin di mana ya.
  7. Pada saat itu tenda dan sleeping bag juga sudah disediakan panitia sehingga kami cukup membawa matras tambahan saja supaya alasnya lebih empuk.
  8. Kami satu-satunya peserta yang naik kendaraan umum. Syukurnya anak dan bayi sudah terbiasa menaiki kendaraan umum sehingga tidak kaget lagi. Lakukan pre-condition pada anak jika mengalami situasi baru atau latih dulu menaiki kendaraan umum sebelum hari H.
  9. Berdoa.

Kemping dengan bayi dan anak tam perlu target puncak, tak perlu target tercepat, yang penting semua sehat dan senang. Semoga dilancarkan semuanya hingga kembali ke rumah dengan selamat. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *