Akhirnya panen kangkung hidroponik

Alhamdulillah. Akhirnya setelah menanti selama kurang lebih 2 bulan kami bisa panen kangkung hidroponik juga.

Untuk pemula yang menanam hidroponik, menanam kangkung ini cukup mudah dan cepat sekali progressnya. Jadi buat yang kalau nanam jadi nggak semangat karena liatin pohonnya lama tumbuhnya, nah nanam kangkung aja. Karena 1-2 hari aja langsung nongol tunasnya.

Pertama letakan biji kangkung di rockwol yang sudah basah dan tergenang air. Jangan lupa ganti air secara berkala ya untuk menghindari telur nyamuk. Dan juga jangan lupa untuk mengisi airnya lagi kalau airnya kering karena menguap.

Ketika sudah muncul 3-4 daun, baru pindahkan rockwol kangkung ke tempat hidroponik.

Oh iya sebelumnya isi wadah hidroponik dengan air dan tuang pupuk A dan B cair. Dikira-kira aja deh ya. Soalnya saya juga di panduannya nggak ada 😭.

Nanti kalau daunnya menguning berarti kurang zat hara, pupuk yang pekat ditambahin lagi. Kalau daunnya kaya terbakar berarti kebanyakan zat hara.

Nah, setelah itu cek apakah ada telur nyamuk atau air menjadi bau. Jika iya maka ganti air segera.

Kalau di 1 wadah kangkungnya kebanyakan maka jangan heran kalau ada yang tinggi banget dan pendek banget. Karena mereka berebutan makanan.

Pas udah dinanti-nanti, akhirnya panen deeeeh.

A membantu memanen kangkung. Sementara baby N membantu potek-potek kangkung hehe.

Habis itu saya tumis pake saus tiram. Alhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *