About Me

RUMAHIJAU adalah blog personal yang dikelola sendiri oleh Yulia terhitung sejak awal Oktober 2016. Blog ini merupakan blog pindahan dari http://rumahijaubelokiri.wordpress.com yang dibuat sejak tahun 2011. Blog ini bercerita tentang keseharian penulis yang statusnya kini sebagai ibu satu anak, tinggal di Jakarta, dan bekerja sebagai pustakawan sebuah universitas kini lebih banyak bekerja di rumah. Blog ini juga sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan dan ruang terbuka hijau termasuk juga pengamatan hidupan-liar (wildlife), juga catatan perjalanan saat menjelajah di berbagai tempat.

Blog lain mengenai review buku yang sudah dibaca : Blog Perpustakaan Rumahijau

 

PUBLIKASI BUKU

Pantang Padam: Catatan Skolioser. 2014. Diterbitkan secara indie.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis yang awalnya ditulis di blog mengenai pengalaman dengan MVP (Mitral Valve Prolapse) dan skoliosis (kelainan tulang belakang yang berbentuk huruf S atau C) yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah buku. Lebih lanjut mengenai buku bisa dilihat di sini.

 

PUBLIKASI ARTIKEL DAN PRESTASI BLOG

1. Blog sebagai sumber inspirasi pustakawan. Dimuat di majalah Mantap (Memasyarakatkan Perpustakaan dan Arsip). Edisi kedua tahun 2014.

2. Menikmati keindahan alam Ujung Genteng. Dimuat di majalah Sekar edisi 18/09 tahun 2009.

3. Juara 3 lomba blog ASUS “ceritakan mengenai impian bisnismu” kategori PC All in one series. Juli 2016.

 

KEGIATAN

1. Founder dan relawan Komunitas Kelana Kelapa yang berfokus pada pengiriman buku-buku bacaan untuk berbagai perpustakaan di pelosok daerah. Blog kegiatannya bisa dilihat di sini.

2. Founder komunitas Kurva, yaitu komunitas masyarakat skoliosis dan sahabat skoliosis. Situs Kurva bisa dilihat di sini.

 

NARASUMBER

April 2016. Sharing tentang buku indie Pantang Padam: Catatan Skolioser bersama Komunitas Backpacker Indonesia Chapter Depok.

2015. Talkshow 15 menit tentang skoliosis di Indonesia Morning Show Net TV.

Maret 2014. Sharing tentang buku indie Pantang Padam: Catatan Skolioser bersama Masyarakat Skoliosis Indonesia (MSI) Jawa Barat di Bandung.

2011. Sharing tentang perpustakaan bersama komunitas Ciliwung Condet dan Transformasi Hijau.

2011. Sharing tentang perpustakaan dan komunitas Kelana Kelapa bersama Komunitas Perpustakaan (KOPER) SMK 26.

Catatan:

Acara tersebut bukan berskala besar dengan peserta yang buaanyak namun tetap saja sebuah pencapaian karena penulis sangat nervous berbicara di depan hadirin dan hadirot :p.

 

KERJA SAMA

Penulis menerima review atau ulasan produk atau jasa yang sifatnya berbayar dan sesuai dengan tema blog. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang postingan berbayar silakan buka laman DISCLOSURE.

 

KONTAK

Email: Yuliayes7@gmail.com

——————-
Selamat membaca rumah maya ini, sambil minum teh panas dan meresapi setiap kepulan asapnya, masuk ke dalam memoar-memoar penulis yang inspirasinya tentu saja didapatkan dari banyak orang dan alam sekitar, terutama petrichor dan rerumputan hijau.

Semoga bermanfaat. Writing is sharing!

profil-picture-2

52 comments Add yours
  1. waw..waw… udah lama gak mampir ke sini, ternyata sudah berubah penampilannya. dan tulisannya juga makin asoy… geboy… cool jeng!

    1. Weeeh yang punya Baluran main ke sini :p.
      Terinspirasi juga nih utk terus menulis krn semangat Mas Swiss nulis “Buku Burung Baluran”, waktu itu aku girang bgt tiba2 ketemu buku itu d salah satu tempat, sayang nggak bisa dibawa pulang :p
      Thanks bro. 🙂

    1. Amin. Senang kalau ternyata tulisan2 saya dibaca banyak orang dan semoga bermanfaat. Silakan ditelusuri blognya, ada dua topik yang mungkin sama2 menarik mbak dan saya yaitu skoliosis dan tentang membaca hehe.

      Terima kasih sudah berkunjung 😀

  2. hei yulia! 😆 eh yulia.. yulia.. pernah mikirin buat bikin nama blog lari-kepantai-kemudian-menyanyi-lari-ke-hutan-kemudian-teriak-pecahin-gelas-biar-ramai gak? :mrgreen: *basa-basi*

          1. owh, jawa tengah? di daerah mana? Ayah saya asli Garut, Mama saya asli Semarang. Mereka bertemu di Jakarta. Kemudian selepas Ayah meninggal, kami hijrah ke Semarang.

            mbak udah nikah, ya? kalau suami asal mana, mbak? hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *